Kamis 02 Nov 2023 22:08 WIB

Deteksi Dini Penyakit, Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Pengecekan Kesehatan Gratis di Bogor

Masyarakat diajak mendeteksi kesehatan.

Pengecekan kesehatan gratis dan pembagian vitamin gratis kepada warga yang berada di  Kampung Ranji RT.003/RW.006 Gg. Vulkanin, Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Pengecekan kesehatan gratis dan pembagian vitamin gratis kepada warga yang berada di Kampung Ranji RT.003/RW.006 Gg. Vulkanin, Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kelompok relawan Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia menggadakan pengecekan kesehatan gratis dan pembagian vitamin gratis kepada warga yang berada di  Kampung Ranji RT.003/RW.006 Gg. Vulkanin, Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tujuan kegiatan tersebut diadakan untuk membantu masyarakat mengetahui kondisi kesehatan mereka sekaligus mencegah penyakit.

Baca Juga

"Kami melakukan kesehatan gratis ini untuk mendeteksi supaya warga mengatahui kesehatan pada dirinya," kata Koordinator Wilayah Kowarteg Jabar Sujoko, seperti dinukil pada Kamis (2/11/2023). 

Dia menambahkan kegiatan pelayanan cek kesehatan gratis ini menjadi wadah untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo-Mahfud MD kepada masyarakat sekitar.

Sujoko menuturkan kedatangan Kowarteg dukung Ganjar ini mendapatkan antusias dari masyarakat sekitar. Hal itu dilihat dari masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan ini dihadiri oleh para lansia. "Kebanyakan peserta adalah ibu rumah tangga prasejahtera. Kami ingin menunjukkan kepedulian kepada mereka," kata dia.

Selain pengecekan kesehatan, mereka juga membagikan vitamin secara gratis. Tujuannya agar masyarakat sekitar terhindar dari penyakit, terlebih cuaca belakangan ini terbilang ekstrem.

Selain itu, kata dia, kegiatan diadakan ini terinsiprasi dari Ganjar Pranowo yang peduli dengan masyarakat.

"Kami juga sekaligus memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan capres-cawapres 2024," kata dia.

Seusai melakukan pengecekan kesehatan gratis, Kowarteg Dukung Ganjar itu juga membagikan bingkisan kepada para peserta yang menghadiri kegiatan itu.

Sulisetiawati, salah satu peserta mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Kowarteg Inodnesia ini. Dia bilang pengecekan layanan kesehatan gratis ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar.

"Dengan adanya pengecekan kesehatan gratis ini kami jadi mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuh kami, sehingga kami bisa mencegahnya. Selain itu, vitamin yang diberikan ini juga bisa membantu badan kami tetap sehat. Terima kasih Kowarteg Indonesia," kata Sulis.

Kegiatan serupa juga telah digelar bagi masyarakat Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Koordinator Kowarteg Indonesia, Noerozi, menghadirkan dokter senior beserta perawat profesional untuk memeriksa kesehatan masyarakat.

"Peserta kebanyakan lansia dan mereka merasa terbantu dengan adanya cek kesehatan," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement