Senin 30 Oct 2023 11:56 WIB

Undang Tiga Capres ke Istana, Nasdem: Jokowi Kirim Pesan Netral

TPN Ganjar menyambut positif jika Jokowi dan tiga capres benar makan bersama.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden Prabowo Subianto, Anies Rasyid Baswedan, dan Ganjar Pranowo.
Foto: Ap/Adek Berry, Republika/Thody Badai
Calon presiden Prabowo Subianto, Anies Rasyid Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali membenarkan, capres Anies Rasyid Baswedan mendapatkan undangan untuk makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023) siang WIB. Ali sangat menyambut baik acara tersebut.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan langkah positif dari Jokowi sebagai RI 1. Ali menganggap, ada pesan tersirat bahwa Jokowi ingin menunjukkan posisi netral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

"Artinya, terlepas apapun pro kontra yanh beberapa minggu terakhir ini kita lihat bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi hari ini sebagai suatu upaya. Suatu langkah untuk mengirim pesan bahwa dia akan berlaku netral," ujar Ali kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/10/2023).

"Bahwa apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi hari ini adalah suatu sikap yang memang harus dilakukan sebagai seorang negarawan. Bahwa dia memperlakukan semua capres yang sama," kata Ali menambahkan.

 

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim, mengaku belum mendengar adanya agenda makan siang bersama antara Presiden Jokowi dan capres, yaitu Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies. Kendati demikian, ia menyambut positif jika makan siang antara Jokowi dan tiga capres benar terealisasi.

"Kami belum mendapatkan info yang valid, selain mendengar dari berbagai sumber bahwa akan ada kegiatan tersebut. Mengenai agendanya sendiri kami tidak mengetahui secara pasti," ujar Chico saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Dia menganggap, hal tersebut menujukkan bentuk keguyuban menjelang Pilpres 2024. "Kami melihat bila ini terlaksan akan mempertunjukkan  keguyuban di antara Presiden dan semua capres di hadapan masyarakat," ujar Cicho.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement