Jumat 27 Oct 2023 15:44 WIB

Permudah Akses Layanan, BPJS Kesehatan Yogyakarta Hadir di Mal Pelayanan Publik

Kualitas pelayanan di BPJS Kesehatan Mal Pelayanan Publik sama dengan kantor cabang.

Peserta BPJS Kesehatan saat mendapatkan pelayanan di BPJS Kesehatan Yogyakarta Mal Pelayanan Publik.
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Peserta BPJS Kesehatan saat mendapatkan pelayanan di BPJS Kesehatan Yogyakarta Mal Pelayanan Publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memberikan akses kemudahan bagi peserta dan mendekatkan layanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta bekerja sama dengan pemerintah daerah hadir di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta. Pungki Ramadika Andriawan, salah satu peserta asal Yogyakarta mengaku sangat terbantu dengan hadirnya layanan loket BPJS Kesehatan di MPP. 

Ia mengatakan, layanan di MPP terasa lebih cepat dan dekat. Apalagi di dalam MPP tersebut terdapat pula instansi lain, sehingga peserta dapat mengurus keperluan lain tanpa berpindah-pindah tempat.

Baca Juga

“Untuk layanan di loket BPJS Kesehatan yang ada di MPP menurut saya terbilang nyaman. Kami langsung bertemu dan dilayani oleh petugas yang berjaga,” kata Pungki, mengutip keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Pungki sengaja datang ke MPP Kota Yogyakarta untuk melakukan perubahan data kepesertaan JKN miliknya. Pria berusia 34 tahun ini tak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan proses administrasi yang dibutuhkannya. Cukup dengan satu kali pengurusan, data kepesertaan miliknya telah selesai diproses.

 

“Ada sedikit perbedaan data pada kepesertaan JKN saya sehingga saya memang sengaja datang kesini untuk melakukan perubahan. Lokasinya juga dekat. Untuk proses datanya cepat dan mudah,” kata Pungki.

Peserta bisa datang ke loket BPJS Kesehatan di MPP Kota Yogyakarta setiap hari Rabu pukul 08.00 – 14.00 WIB. Lokasi loket BPJS Kesehatan mudah ditemukan, yakni terletak di lantai satu di sisi kiri jika peserta masuk melalui pintu utama. 

Tak perlu khawatir, kualitas layanan yang diberikan sama persis dengan layanan yang diberikan di kantor cabang. Duta BPJS Kesehatan yang bertugas senantiasa menerapkan pelayanan prima. Layanan yang bisa diakses peserta di MPP Kota Yogyakarta antara lain perubahan data dan identitas seperti yang dilakukan Pungki, perpindahan jenis kepesertaan, pendaftaran baru peserta mandiri, penambahan anggota keluarga, pengaduan dan permintaan informasi.

“Saya dan keluarga sudah lama terdaftar. Saya, istri, dan anak. Kalau saya menggunakan paling hanya ke puskesmas untuk sakit-sakit yang terbilang ringan. Namun kalau istri sempat menggunakan penjaminan JKN ini untuk proses kelahiran anak pertama kami. Kalau dari segi pelayanan, rumah sakit memberikan layanan yang baik,” ujar Pungki.

Pungki dan istrinya mengaku merasakan layanan yang baik tanpa diskriminasi oleh rumah sakit. Walaupun mengakses layanan di ruang rawat kelas 3, Pungki merasakan layanan dan fasilitas yang memadai.

“Kebetulan saya terdaftar di kelas 3, namun ruangannya berpendingin udara sehingga kami merasa nyaman. Selama proses kelahiran, fasilitas dan layanannya juga baik. Pada saat pulang kami tidak membayar apa pun. Semua gratis dan dijamin keseluruhan oleh Program JKN,” kata Pungki.

Selain BPJS Kesehatan terdapat berbagai instansi lain baik milik pemerintah daerah maupun instansi vertikal yang turut hadir di MPP Kota Yogyakarta, di antaranya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Pos, Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Pajak, dan Kepolisian. Terbaru terdapat enam instansi vertikal lain yang juga hadir yaitu Imigrasi Kelas I, Pengadilan Agama, Direktorat Jendral Bea dan Cukai, Kejaksaan Negeri, Direktorat Jenderal Perumahan, dan BPJS Ketenagakerjaan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement