Selasa 24 Oct 2023 17:44 WIB

Ahmad Dhani Kampanyekan Istrinya di Konser Dewa 19, Danlanud Klarifikasi

Letkol Adi langsung memperingatkan EO dan manajer saat Dhani kampanye pilih Mulan.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana melakukan konferensi pers di Mako Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Selasa (22/10/2023).
Foto: Dok Republika
Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana melakukan konferensi pers di Mako Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Selasa (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Penyelenggaraan konser Dewa 19 di Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Sabtu (21/10/2023), meninggalkan catatan minor. Pasalnya, pentolan grup musik itu, Ahmad Dhani, kedapatan melakukan aktivitas kampanye dalam konser yang digelar di wilayah TNI AU tersebut. 

Komandan Lanud (Danlanud) Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana membenarkan terkait aksi kampanye Dhani, yang mempromosikan istrinya, yaitu Mulan yang saat ini merupakan anggota Fraksi Gerindra DPR. Dalam konser tersebut, Dhani mengajak penonton untuk memilih Mulan yang maju lagi sebagai caleg Partai Gerindra. 

Baca Juga

"Karena itu, saya selaku Danlanud menyatakan, kami tetap netral. Terhadap segala kegiatan politik praktis oleh pribadi tertentu, kami tidak dalam dalam posisi mendukung salah satu caleg dan parpol," kata Adi saat konferensi pers di Mako Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (24/10/2024).

Dia menjelaskan, sejak sebelum konser dilakukan, pihaknya telah berulang kali mengingatkan event organizer (EO) agar tidak melakukan aktivitas kampanye saat pelaksanaan konser. Bahkan, jajaran Lanud Wiriadinata juga telah memberikan surat kepada EO agar tidak ada kampanye dalam konser.

 

"Surat itu saya terbitkan pada 9 Agustus 2023. Jadi hanya untuk menghibur tujuannya (konser)," ujar Adi. Menurut dia, jajaran Lanud Wiriadinata juga telah memberikan penegasan saat pelaksanaan konferensi pers terkait konser tersebut pada 20 September 2023.

Penegasan itu dilakukan untuk dilakukan agar segala kegiatan yang dilaksanakan di Lanud Wiriadinata bebas dari unsur kampanye. "Lanud Wiriadinata tetap netral dan melarang kampanye di area militer," kata Adi.

Dia menambahkan, ketika aktivitas kampanye dilakukan Dhani saat konser, pihaknya langsung menghampiri EO dan manajer. Adi mengaku langsung memperingatkan pihak terkait agar tidak kembali melakukan aktivitas kampanye. 

"Akhirnya pembicaraan (kampanye) itu dihentikan. Itu tidak terulang hingga konser selesai," ujar Adi. Dia mengungkapkan, pada awal menolak penyelenggaraan konser Dewa 19 di Lanud Wiriadinata. Penolakan itu didasarkan atas berbagai pertimbangan.

Namun, Adi mendapat masukan dari sejumlah pihak, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya dan tokoh masyarakat, agar konser dapat dilakukan di Lanud Wiriadinata. Pasalnya, Lanud Wiriadinata dinilai representatif untuk menggelar kegiatan konser, terutama dari segi keamanan. 

"Karenanya saya berulang kali menekankan agar tidak ada kampanye. Mangkanya kemarin, saya sendiri langsung kejar ke stage (saat aktivitas kampanye dilakukan)," kata Adi.

TNI konsisten netral...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement