Selasa 24 Oct 2023 16:13 WIB

Mahfud MD Temui Presiden Jokowi di Istana, Bahas Apa?

Cawapres Mahfud MD menemui Presiden Jokowi di Istana Presiden.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Mahfud MD. Cawapres Mahfud MD menemui Presiden Jokowi di Istana Presiden.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Mahfud MD. Cawapres Mahfud MD menemui Presiden Jokowi di Istana Presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10/2023). Saat tiba, Mahfud mengaku akan menghadap Presiden selaku Menko Polhukam.

"Bertemu Presiden. Menteri biasa rutin," kata Mahfud.

Baca Juga

Saat ditanya apakah akan meminta izin kepada Presiden soal pencalonannya sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo, Mahfud tak membantahnya.

"Ya banyak hal lah," kata dia singkat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan izin kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo di pilpres 2024.

"Persetujuan Bapak Presiden meliputi persetujuan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan untuk dicalonkan oleh Parpol atau Gabungan Parpol sebagai Cawapres pada pemilu Presiden dan Wapres tahun 2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Rabu (18/10/2023).

Selain itu, Jokowi juga menyetujui permohonan cuti yang diajukan oleh Mahfud MD. Mahfud mengajukan cuti sebagai menteri untuk mendaftarkan diri sebagai cawapres pada Kamis (19/10/2023).

"Dan satu lagi, persetujuan dari Bapak Presiden untuk izin cuti Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan pada tanggal 19 Oktober 2023 untuk melaksanakan pendaftaran sebagai Cawapres pada pemilu Presiden dan Wapres 2024," kata Ari.

Ari menjelaskan, izin yang diberikan Presiden tersebut merujuk pada Peraturan KPU No 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Surat persetujuan dari Presiden itu, kata Ari, telah diproses oleh Mensesneg dan telah disampaikan kepada Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga mengajukan surat permohonan untuk bertemu Presiden. Saat itu, Ari menyebut pertemuan tersebut akan dijadwalkan setelah Jokowi kembali dari kunjungan kenegaraannya di luar negeri.

"Sedangkan permohonan menghadap Bapak Presiden akan dijadwalkan, setelah Bapak Presiden kembali ke Tanah Air dari kunjungan kerja ke Beijing dan Riyadh," kata Ari.

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mendaftar ke KPU sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024 pada Kamis (19/10/2023).

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi pasangan kedua yang mendaftar di KPU sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement