Jumat 20 Oct 2023 05:26 WIB

Potensial Berpasangan, Prabowo-Erick Lanjutkan Kabinet Indonesia Maju

Pak Erick Thohir punya keunggulan lebih baik untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyalami Menteri BUMN Erick Thohir di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Ahad (19/6/2022).
Foto: Dok. Kemenhan RI
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyalami Menteri BUMN Erick Thohir di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Ahad (19/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, dinilai sangat potensial untuk maju bersama Menteri BUMN Erick Thohir pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa menilai, duet Prabowo-Erick mampu meneruskan visi dan misi dari Kabinet Indonesia Maju saat ini.

"Pak Erick Thohir ini punya keunggulan yang lebih baik untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo sehingga menciptakan kemajuan untuk Indonesia," kata Solissa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Dia menjelaskan, kedua tokoh tersebut telah muncul sebagai pemimpin yang memainkan peran penting dalam mendorong kemajuan Indonesia. Jika Prabowo dan Erick dipasangkan sebagai capres dan cawapres, sambung dia, berpotensi memajukan berbagai sektor di Indonesia, seperti ekonomi, keamanan dan pertahanan nasional, serta kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, Prabowo yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan Indonesia dan memberikan keadilan bagi masyarakat. Melalui pengalamannya, menteri pertahanan (menhan) tersebuttelah mengadvokasi pembangunan infrastruktur, peningkatan pertanian dan upaya mengatasi kemiskinan.

Sementara itu, Erick fokus memprioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut hingga saat ini memang sangat fokus dalam memberdayakan masyarakat dan menggerakkan sekor perekonomian akar rumput melalui berbagai program.

Terdapat program yang berhasil dilakukan Erick untuk menggerakkan ekonomi masyarakat kecil, dengan menggalakkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Mekaar dan Makmur. Imbasnya pertumbuhan perekonomian masyarakat semakin bergeliat pascapandemi Covid-19.

Adanya kolaborasi Prabowo-Erick akan menghasilkan berbagai inisiatif untuk memajukan Indonesia dan menciptakan lingkungan yang lebih adil serta berkelanjutan. Apalagi, Prabowo-Erick sangat memahami visi dan misi kepemimpinan Presiden Jokowi sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

Melihat itu, tentu pasangan ini tidak lepas dari adanya dukungan kuat dari publik untuk bisa maju di pesta demokrasi mendatang. Survei Polling Institute periode 1-3 Oktober 2023 merekam duet Prabowo-Erick di posisi teratas dengan 39,2 persen mengalahkan dua pasangan lain.

Maka dari itu, Erick dinilai sebagai cawapres paling potensial untuk mendampingi Prabowo. "Pak Erick yang paling ideal untuk Pak Prabowo dari sisi rekam jejaknya, kinerja, dan elektabilitasnya," kata Solissa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement