Selasa 17 Oct 2023 18:55 WIB

RSPAD Pastikan tak akan Ada Kecurangan dalam Tes Kesehatan Capres-Cawapres

KPU menunjuk RSPAD Gatot Soebroto sebagai tempat tes kesehatan capres-cawapres.

RSPAD Gatot Soebroto (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
RSPAD Gatot Soebroto (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya memastikan tidak akan ada kecurangan yang dilakukan dalam tes kesehatan terhadap bakal pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024 setelah mendaftar ke KPU RI. Pada Senin (16/10), KPU RI resmi menunjuk RSPAD Gatot Soebroto sebagai tempat tes kesehatan bagi para calon peserta Pilpres 2024. 

"Semangat kami adalah profesionalisme, yang kedua independensi, ketiga dapat dipercaya. Prinsip itu yang kami jaga, sehingga tidak akan ada kecurangan," kata Budi Sulistya usai menghadiri rapat tertutup di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Menurut dia, mandat yang diberikan KPU RI untuk melakukan tes kesehatan terhadap bakal pasangan capres dan cawapres bukanlah yang pertama kali. Sehingga, kata Budi, RSPAD Gatot Soebroto sudah memiliki modal cukup kuat untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan baik.

"Kami juga punya pengalaman empat kali menjadi tempat pemeriksaan bakal calon presiden dan wakil presiden dan ini menjadi model kami untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi," tambahnya.

Budi mengungkapkan, bahwa pada prinsipnya bakal pasangan capres dan cawapres yang dinyatakan sehat adalah secara jasmani, rohani, dan juga bebas dari narkoba. "Tiga hal itu yang menjadi ikon besar dari pemeriksaan kesehatan ini sendiri," ucapnya.

 

Tempat pemeriksaan kesehatan akan berlangsung di RSPAD Gatot Soebroto sehari setelah berkas pendaftaran bakal pasangan calon dinyatakan lengkap oleh KPU RI. Pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 berlangsung pada 19-25 Oktober 2023 di Kantor KPU RI.

photo
Putusan MK Berubah Setelah Adik Ipar Jokowi Ikut Rapat - (infografis Republika)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement