Kamis 12 Oct 2023 21:30 WIB

Presiden Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Masuk Tim Pemenangan Ganjar

Presiden Jokowi menyerahkan aturan teknis tersebut ke Mensesneg.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengizinkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPNGP). Andi diketahui telah ditunjuk sebagai Deputi Politik 5.0. 

"Sudah sudah saya izinkan .... Kalau saya, saya izinkan," kata Jokowi di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Kendati demikian, aturan teknis lebih lanjut terkait posisi Andi Widjajanto tersebut akan disiapkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. "Sudah (izin). Hanya aturannya seperti apa, nanti Pak Mensesneg, apakah harus cuti, harus mundur, Pak Mensesneg, teknis, ya," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) resmi menunjuk Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto sebagai Deputi Politik 5.0. Penunjukkannya diumumkan langsung oleh Ketua TPN GP, Arsjad Rasjid.

 

"Ada dua deputi yang saya umumkan hari ini dengan pertimbangan yang bersangkutan adalah seorang tokoh, memiliki kredibilitas dan profesional. Yaitu Deputi Politik 5.0 TPN GP Andi Widjajanto," ujar Arsjad di Kantor TPN GP, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

"Serta Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan ditunjuk jadi Deputi Kinetik Teritorial TPN GP," sambungnya.

Arsjad menjelaskan, TPN GP optimistis dalam menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Selain itu, kerja sama politik untuk Ganjar Pranowo semakin solid dalam pemenangannya.

"Kami (TPN GP) merasa didukung penuh partai politik koalisi untuk secara independen menyusun formatur Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden," ujar Arsjad.

Diketahui, Andi merupakan bagian Tim 11 untuk pemenangan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014. Selain Andi, beberapa nama lainnya adalah Cornelis Lay, Jaleswari Pramodhawardani, dan Teten Masduki.

Setelah Jokowi-JK ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, Tim 11 dibubarkan. Mantan anggota Tim 11 kemudian ditarik menjadi anggota Tim Transisi. dan Andi diangkat menjadi salah satu Deputi Tim Transisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement