Ahad 08 Oct 2023 09:32 WIB

Kapolda: 28 TPS di Papua Pegunungan Berada di Sekitar Lokasi KKB

Kategori TPS sangat rawan tercatat di 619 TPS.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.
Foto: Dok. Humas Polri
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA -- Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengaku 28 tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Papua Pegunungan berada di sekitar lokasi kelompok kriminal bersenjata (KKB)​​​.

"Memang benar ada 28 TPS yang dilaporkan berada di sekitar lokasi KKB, yakni lima dari delapan kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan," kata Irjen Pol Mathius Fakhiri dalam pertemuan dengan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, serta ketua KPU dan ketua bawaslu se-Papua Pegunungan di Wamena, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga

Kapolda menyebutkan kelima kabupaten itu, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Tolikara, Lanny Jaya, dan Kabupaten Mamberamo Tengah. Dari 5.850 TPS, selain berada di sekitar lokasi KKB, pihaknya juga menggelompokkan menjadi kurang rawan, rawan, dan sangat rawan.

Dari ketiga kriteria itu, kata dia, terbanyak masuk kategori rawan, yakni mencapai 4.289 TPS. Terbanyak terdapat di Kabupaten Yahukimo sebanyak 1.341 TPS, Tolikara 1.024 TPS, Jayawijaya 763 TPS, Lanny Jaya 613 TPS, Nduga 223 TPS, Mamberamo Tengah 123 TPS, Yalimo 114, dan Kabupaten Pegunungan Bintang 88 TPS.

Kategori TPS sangat rawan tercatat 619 TPS yang tersebar di Kabupaten Lanny Jaya 253 TPS, Nduga 180 TPS, Pegunungan Bintang 122 TPS, Tolikara 59 TPS, Mamberamo Tengah empat TPS, dan Kabupaten Jayawijaya satu TPS.

Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan bahwa Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Yahukimo tidak ada TPS yang masuk kategori sangat rawan. Untuk kategori kurang rawan, lanjut Kapolda, tercatat 768 TPS yang tersebar di enam kabupaten dan dua kabupaten yang tidak memiliki TPS di wilayah tersebut.

"Dua kabupaten yang TPS-nya tidak masuk kategori kurang rawan, yaitu Tolikara dan Yahukimo," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Wilayah kerja Polda Papua saat ini meliputi empat provinsi, yaitu Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement