Selasa 03 Oct 2023 14:35 WIB

Ibu Negara Borong Produk Fashion Hingga Kriya UMKM Kota Bandung

Kehadiran Ibu Negara dan anggota OASE KIM dapat menjadi momentum promosi.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Gita Amanda
Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan melihat-lihat dan memborong produk-produk karya UMKM lokal, mulai dari produk fesyen hingga kriya. (ilustrasi)
Foto: BRI
Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan melihat-lihat dan memborong produk-produk karya UMKM lokal, mulai dari produk fesyen hingga kriya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kota Bandung hari ini, Selasa (3/10/2023). Dalam kunjungannya Iriana menyempatkan melihat-lihat dan memborong produk-produk karya UMKM lokal, mulai dari produk fashion hingga kriya. 

Penjabat Ketua Dekranasda Kota Bandung Linda Bambang Tirtoyuliono mengatakan, produk lokal UMKM hampir ludes diborong. Dia juga mengaku bangga karena sang ibu negara menaruh perhatian yang tinggi pada produk lokal Bandung.  

Baca Juga

“Saya lihat produk fashion laris manis ya. Selain itu produk tas, kriya, aksesoris juga menarik perhatian Ibu Negara. Tentu kami dari Kota Bandung merasa bangga,” ujarnya saat mendampingi Kunjungan Ibu Negara dan OASE KIM ke Galeri Dekranasda Provinsi Jawa Barat.

 

Linda berharap, dengan hadirnya produk UMKM Kota Bandung yang semakin mendunia, semangat para pelaku untuk menghasilkan produk-produk unggulan semakin bertambah. "Tren positif pertumbuhan dan hasil produk UMKM Kota Bandung juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja pada proses produksinya," ujarnya. 

"Selain produk UMKM Kota Bandung, di Galeri Dekranasda Jawa Barat juga ada produk-produk unggulan dari UMKM Jawa Barat," katanya.  

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Noneng Komara Nengsih menyambut positif kehadiran Ibu Negara beserta anggota OASE KIM. Apalagi, produk UMKM Jawa Barat disebut-sebut menarik perhatian rombongan kunjungan. “Mereka sangat tertarik dan akhirnya jadi berbelanja,” ujar Neneng.

 

Ia juga berharap, kehadiran Ibu Negara dan anggota OASE KIM dapat menjadi momentum promosi yang berdampak positif pada perkembangan UMKM di Jawa Barat. 

Sebagai informasi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama OASE Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) mengunjungi Galeri Dekranasda Jawa Barat di Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung. Pada kesempatan tersebut, hadir para Ketua Dekranasda Kota/Kabupaten se-Jawa Barat. 

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung usai meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh di Stasiun Padalarang. Dalam kunjungannya, Jokowi juga sempat menjajal kereta feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Jokowi tiba ke Stasiun Bandung sekitar pukul 10.11 WIB. Beberapa tokoh terlihat ikut bersama rombongan presiden. Di antaranya Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi. Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. Lalu, ada Menteri BUMN Erick Thohir, Meseskab Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menkominfo Budi Arie, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah pejabat lain.

 

Setelah makan siang, Jokowi bersama rombongan kembali menlanjutkan perjalanan menggunakan kereta feeder dari Stasiun Bandung ke Stasiun Padalarang. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Halim menggunakan Whoosh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement