Rabu 24 Jan 2024 11:29 WIB

Iriana Acungkan Dua Jari Saat Kunjungan ke Salatiga, Jokowi: Ya Kan Menyenangkan

"Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," ujar Jokowi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (24/1/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya soal pose simbol dua jari yang diduga diacungkan Iriana Jokowi dari dalam mobil yang tengah dikendarainya saat kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah pada Selasa (23/1/2024). Menurut dia, simbol yang diacungkan oleh Iriana itu hanya merupakan bentuk ekspresi menyenangkan saat kunjungan kerja.

"Yaaa.. kan menyenangkan. Menyenangkan," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, ia tidak menjelaskan lebih lanjut maksudnya tersebut. "Ya nggak tahu, menyenangkan. Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," ujarnya.

Sebelumnya, beredar di media sosial sebuah video di mana Iriana dan Jokowi menaiki mobil kepresidenan di sebuah daerah. Sepanjang jalan yang dilintasi Jokowi dan Iriana tersebut terdapat banyak warga yang sudah menunggu dan berdiri di sisi kanan dan kiri jalan.

Saat itu, warga justru meneriakkan nama calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Namun, kemudian tiba-tiba Iriana mengacungkan dua jari dari jendela belakang mobil.

Meskipun begitu, belum jelas tangan yang mengacungkan pose dua jari tersebut milik siapa. Seperti diketahui, pose dua jari itu identik dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Gibran sendiri merupakan putra Presiden Jokowi.

 

photo
Dua Periode Survei Indikator Politik Indonesia - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement