Ahad 24 Sep 2023 18:17 WIB

Pj Bupati Tangerang Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Pj Bupati Tangerang dan Wakapolda Banten memantau pelaksanaan Pilkades Serentak.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Warga mengantre untuk menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Tangerang di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (10/10/2021). Sebanyak 77 Desa di Kabupaten Tangerang melaksanakan pemilihan kepala desa periode 2021-2027 secara serentak.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Warga mengantre untuk menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Tangerang di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (10/10/2021). Sebanyak 77 Desa di Kabupaten Tangerang melaksanakan pemilihan kepala desa periode 2021-2027 secara serentak.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Dr. Andi Ony P mendampingi Wakapolda Banten, Brigjen Pol HM Sabilul Alif monitoring pelaksanaan Pilkades serentak di TPS Desa Pasir Barat Kecamatan Jambe, Ranca Iyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (24/9/2023).

Pelaksanaan monitoring Pilkades tersebut diawali dengan melakukan pemantauan di kamera pengawas (CCTV) di setiap lokasi yang ada melalui Ruang Command Center (RCC) Polres Kota Tangerang Tigaraksa.

Baca Juga

"Luar biasa pesta demokrasi di sini, saya cukup terkesan melihat tingginya masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan lancar. Kita semua berharap situasi yang baik ini bisa terus berlanjut sampai dengan pemungutan suara nanti," katanya, Ahad.

Andi mengucapkan terima kasih dan apreasinya kepada semua pihak yang terlibat, baik panitia Pilkades, kecamatan, organisasi perangkat daerah (OPD), maupun personel pengamanan yang telah bertugas tanpa pamrih di tengah panasnya teriknya matahari sehingga Pilkades dapat berjalan lancar, tertib, dan damai.

"Pada prinsipnya dari semua wilayah yang sudah kami kunjungi, baik dalam wilayah Polres Kota Tangerang maupun Polres Metro Tangerang Kota, alhamdulillah, semuanya dalam kondusif, lancar, tertib dan damai," ujarnya.

Menurut dia, proses pilkades serentak di Kabupaten Tangerang ini merupakan barometer untuk pelaksanaan tahapan pelaksanaan pemilu pemilihan legislatif dan presiden pada bulan Febuari tahun 2024.

Pejabat Bupati Tangerang mendampingi Wakapolda Banten M Sabilul Alif melakukan pemantauan di CCTV maupun berkeliling ke lokasi-lokasi yang dituju menggunakan sepeda motor trail. Di sela sela monitoring tersebut Pj Andi mengungkapkan dirinya sangat terkesan melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi dalam menyalurkan hak pilihnya.

Sementara itu M Sabilul Alif menambahkan, dirinya bersama Pj Bupati, Kapolres, Dandim, Wakapolres dan seluruh pejabat utama Polda Banten saat ini melaksanakan kegiatan pengecekan dan pematauan proses pencoblosan dari mulai tadi pagi dan nanti sampai jam 14.00 WIB.

"Kami bersama dengan Pj Bupati, panitia dan dari Kesbangpol, Kejaksaan, Pak Kapolres dan rekan-rekan dari TNI akan memantau kegiatan pelaksanaan kegiatan perhitungan sampai dengan selesai. Dan sampai situasi kondusif tidak ada permasalahan," katanya.

Setelah melakukan monitoring Pilkades di Desa Pasir Barat Kecamatan Jambe Desa Ranca Iyuh Kecamatan Panongan dan Desa Bitung Jaya Kecamatan Cikupa, rombongan Wakapolda Banten beserta Pj Bupati dan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melanjutkan pemantauan pelaksanaan Pilkades di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement