Rabu 20 Sep 2023 12:43 WIB

Yuk Cek 9 Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Usaha sampingan dapat memberikan tambahan pendapatan dan pengalaman mahasiswa

Bagi mahasiswa yang mencari peluang untuk mendapatkan tambahan uang jajan, rekomendasi ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan usaha sampingan
Foto: dok Universitas BSI
Bagi mahasiswa yang mencari peluang untuk mendapatkan tambahan uang jajan, rekomendasi ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan usaha sampingan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi mahasiswa yang mencari peluang untuk mendapatkan tambahan uang jajan, rekomendasi ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan usaha sampingan. Berikut sembilan peluang usaha sampingan usaha yang cocok untuk mahasiswa:

1. Jasa Percetakan

Buku, koran, brosur, flyer, dan majalah saat ini dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Anda dapat menyediakan jasa percetakan ini.

2. Jasa Jahit

 

Jasa jahit adalah layanan yang mengubah bahan mentah, seperti kain, menjadi produk jadi seperti pakaian, celana, rok, dan lainnya.

3. Sablon

Sablon atau cetak saring adalah teknik proses cetak menggunakan layar dengan pola tertentu. Ini bisa menjadi usaha sampingan yang menarik.

4. Reseller Bendera

Seiring dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, menjadi reseller bendera bisa menjadi pilihan usaha sampingan.

5. Reseller Umbul-umbul

Umbul-umbul juga sangat penting di bulan Agustus. Anda bisa bekerja sama dengan jasa jahit untuk menjadi reseller umbul-umbul.

6. Reseller Alat Tulis Kantor (ATK)

Menjadi reseller ATK seperti pensil warna, kertas craft, gunting, lem, dan solatif juga bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan.

7. Kaos Tema Kemerdekaan

Anda bisa menjadi pengusaha kaos bertema kemerdekaan dengan gambar dan teks yang bisa di-custom sesuai permintaan.

8. Catering

Saat ada acara perlombaan, panitia biasanya membutuhkan jasa cathering untuk makan siang. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.

9. Pembuatan Trofi

Anda dapat merancang dan membuat trofi yang unik dan elegan untuk berbagai acara.

Fuad Nur Hasan selaku Ketua Incubator Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengatakan, usaha sampingan ini dapat memberikan tambahan pendapatan dan pengalaman berharga kepada mahasiswa.

“Selain itu, ini juga bisa menjadi langkah awal menuju kewirausahaan yang lebih besar di masa depan. Semoga usaha sampingan Anda sukses dan memberikan manfaat yang berkelanjutan,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement