Kamis 29 Aug 2024 16:30 WIB

Universitas BSI Kampus Sukabumi Gandeng Bank Sampah IPPEC

Kegiatan semacam ini penting untuk dilakukan secara berkelanjutan.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada Ahad, 18 Agustus 2024.
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada Ahad, 18 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada Ahad, 18 Agustus 2024.

Kegiatan ini mengusung tema "Pendampingan Optimalisasi Pembuatan Sofa Ecobrick dan Budidaya Maggot," dan bermitra dengan Bank Sampah IPPEC Sukabumi. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi yang memberikan dana untuk pelaksanaannya.

Baca Juga

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan praktis kepada warga setempat dalam mengelola sampah plastik menjadi produk yang lebih bermanfaat, seperti sofa ecobrick, serta memanfaatkan limbah organik melalui budidaya maggot yang berguna sebagai pakan alternatif.

Rizal Amegia Saputra sebagai narasumber yang menjadi motor penggerak utama dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar pendampingan namun juga memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah.

"Pendampingan ini bukan hanya tentang membuat produk dari sampah, tetapi juga menanamkan kesadaran kepada masyarakat bahwa setiap tindakan kecil dalam pengelolaan sampah dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan," ujar Rizal Amegia Saputra saat memberikan pelatihan.

Menurutnya, kegiatan semacam ini penting untuk dilakukan secara berkelanjutan agar masyarakat memiliki keterampilan dan kesadaran yang terus berkembang.

“Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan bagian dari program berkelanjutan yang digagas oleh Universitas BSI Kampus Sukabumi. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bank Sampah IPPEC, Universitas BSI berupaya memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi,” tambah Rizal.

Secara keseluruhan, kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Mereka merasa terbantu dengan adanya pendampingan yang diberikan dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan di masa mendatang.

"Kami sangat berterima kasih kepada Universitas BSI dan Bank Sampah IPPEC. Pendampingan ini sangat bermanfaat bagi kami," ujar Agus selaku ketua bank sampah IPPEC.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, Universitas BSI Kampus Sukabumi menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberdayakan masyarakat dan menjaga lingkungan, sejalan dengan visi kampus untuk terus berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement