Selasa 19 Sep 2023 23:39 WIB

Kapolri Pastikan Pengamanan Piala Dunia U-17 tak Ganggu Tahapan Pemilu 2024

Kapolri telah menghitung kekuatan personel untuk mengamankan dua agenda penting itu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai audiensi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai audiensi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan pengamanan Piala Dunia U-17 pada November 2023 tidak ada hambatan, meski saat bersamaan polisi tengah melakukan pengamanan tahapan Pemilu 2024.

 

Baca Juga

"Terkait irisan dengan kegiatan pemilu, tadi kami sudah lihat untuk jadwal rangkaian pemilu pada November 2023 nanti mungkin masuk kegiatan kampanye, tapi masih kampanye tertutup," ujar Sigit di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

 

 

Dengan tahapan kampanye tertutup itu, Polri bisa maksimal mengawal proses pengamanan Piala Dunia U-17. "Di samping kami tetap mengawal dan menjaga tahapan pemilu yang sedang berlangsung saat itu," katanya.

 

Menurut jenderal bintang empat itu, ia telah menghitung kekuatan personel untuk mengamankan dua agenda penting tersebut. "Saya kira ini sudah kami hitung dan kami siap mengamankan kegiatan kedua-duanya," ujar Sigit.

 

Sebelumnya, Kapolri bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir membahas kesiapan pengamanan Piala Dunia U-17. Indonesia menjadi satu-satunya debutan berkat statusnya sebagai tuan rumah dari total 24 negara peserta.

 

Skuad Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Semifinal dan final/perebutan posisi ketiga World Cup U-17 dihelat di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Semifinal diputar pada Selasa (28/11/2023). Untuk perebutan posisi tiga besar digelar Jumat (9/12/2023). Sehari berselang, laga lain partai puncak digelar.

 

Sementara itu, Jakarta Internasional Stadium menjadi homebase negara-negara yang tergabung di persaingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

 

Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung, Jawa Barat, menjadi host penyisihan Grup D (Jepang, Argentina, Senegal, Polandia) serta Grup F (Meksiko, Jerman, Selandia Baru, Venezuela).

 

Babak penyisihan Piala Dunia U-17 dibagi enam grup dengan masing-masing grup dihuni empat tim perwakilan masing-masing pot. Di babak penyisihan grup, enam tim juara grup, enam runner-up, dan empat tim peringkat tiga terbaik berhak melaju ke babak 16 besar.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement