Selasa 19 Sep 2023 19:03 WIB

Prabowo Santai Saat Difitnah, Pengamat Sebut Tunjukkan Kelas Pemimpin Low Profile

Prabowo diserang isu pemukulan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto berkunjung ke PT Pindad (Persero). Prabowo diserang isu pemukulan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.
Foto: Dok. Laily Rachev - Biro Pers
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto berkunjung ke PT Pindad (Persero). Prabowo diserang isu pemukulan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dianggap sebagai sosok pemimpin yang sangat low profile. 

Artinya Prabowo sangat rendah hati dan tidak pernah terlibat hal-hal yang menciderai semangat persatuan bangsa dan negara. 

Baca Juga

Sifat Prabowo itu terlihat saat merespons fitnah yang tertuju padanya. Prabowo difitnah menampar dan mencekik Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi. 

Prabowo kemudian menanggapi dengan santai dan senyuman membuktikan kualitasnya di dunia politik sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya cacian dan makian yang datang tidak membuat Prabowo membalas dengan hal serupa, justru cenderung santai dan legowo. 

"Respons Prabowo itulah yang menunjukan beliau cukup low profile dan tidak reaksional dalam menanggapi berbagai macam informasi ya," kata pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/9/2023). Ade menilai, pernyataan Prabowo yang justru memilih tertawa dengan adanya fitnah tersebut membuktikan kedewasaannya dalam berpolitik. Prabowo menunjukan sisi kematangannya sebagai pemimpin bangsa dan negara. 

Selayaknya pemimpin, Prabowo tidak ingin adanya perpecahan di antara rakyat Indonesia. Sikap tersebut membuka mata masyarakat tentang kepribadian Prabowo yang ternyat betul-betul santai dan legowo. 

"Jadi pernyataan Prabowo yang lebih memilih tertawa dan berjoged itu untuk mengklarifikasi berbagai macam rumor tentang karakteristik pribadi Prabowo selama ini," kata dia.  

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi PT Pindad, Bandung, Selasa (19/9/2023), Prabow mengatakan dirinya selalu bertemu dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo, bukan dengan Harvick. "Saya ketemu saja belum sama wamentan, selalu menterinya," ujar Prabowo.  

Prabowo mengatakan, dia juga masih mau pikir-pikir untuk melaporkan pihak yang diduga menyebarkan isu tersebut. Karena, dia ingin situasi jelang Pilpres 2024 sejuk. "Ya, kita akan berusaha sejuk, sejuk. Sedang diproses, dipelajari," katanya. 

Baca juga: 5 Dalil yang Menjadi Landasan Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Jokowi yang berdiri di samping Prabowo pun nyeletuk bahwa Prabowo sekarang adalah orang yang sabar. "Pak Prabowo sekarang sabar, kok," ujar Jokowi sambil tersenyum. 

Jokowi meminta agar setiap isu yang jadi perbincangan publik terlebih dulu dicek kebenarannya. "Dalam situasi politik seperti ini pasti banyak isu-isu seperti itu. Jadi tolong dikroscek kebenarannya," katanya.  

Sebelumnya, Kementan membantah Harvick menghadiri agenda rapat di Istana dalam 10 hari terakhir. "Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL (Syahrul Yasin Limpo),” kata Arief Cahyono, Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan, dalam keterangannya.      

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement