Kamis 14 Sep 2023 17:58 WIB

Universitas Krisnadwipayana Gelar PKKMB 2023 Selama Empat Hari

Unkris telah melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berkiprah di masyarakat.

Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr. Ir. Ayub Muktiono (memegang mic) membuka kegiatan PKKMB 2023 yang berlangsung selama 4 hari, mulai Senin (14/9/2023).
Foto: Unkris.
Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr. Ir. Ayub Muktiono (memegang mic) membuka kegiatan PKKMB 2023 yang berlangsung selama 4 hari, mulai Senin (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 secara luring diikuti seluruh mahasiswa baru dari empat fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi. Kegiatan PKKMB 2023 yang berlangsung selama empat hari tersebut dibuka resmi oleh Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono pada Senin (14/9/2023).

Mengambil tema “We Pride We Here”, PKKMB menjadi rutinitas yang digelar Unkris bagi setiap mahasiswa yang baru bergabung. Karena itu, hal pertama yang dilakukan pada kegiatan PKKMB adalah menanamkan rasa bangga menjadi bagian dari kampus Unkris.

“Kalian harus bangga menjadi bagian dari kampus legendaris ini. Pilihan kalian untuk menimba ilmu di Unkris merupakan pilihan yang sangat tepat karena Unkris merupakan salah satu kampus swasta terbaik di DKI Jakarta,” kata Dr Ayub dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (14/9/2023).

Selain itu, lanjut Dr Ayub, Unkris juga telah berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang banyak berkiprah di tengah masyarakat baik sebagai politisi, pejabat negara, prajurit, maupun wirausahawan yang sukses. “Alumni Unkris ada yang jadi wakil ketua MPR, ada yang jadi hakim agung, menjadi menteri, wakil menteri, jaksa agung muda, anggota DPR dan MPR, juga menjadi kepala daerah setingkat gubernur dan bupati. Termasuk Panglima TNI, Kasad, Kasal, merupakan alumni Unkris,” jelas dia.

Lahirnya tokoh-tokoh nasional yang merupakan alumni Unkris tersebut diharapkan dapat menularkan virus baik ‘bangga jadi bagian dari Unkris’ sebagaimana tema PKKMB 2023 yakni We Pride We Here. Tokoh-tokoh nasional tersebut sekaligus dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk meraih sukses yang sama bahkan lebih.

Untuk bisa menjadi sukses, Rektor Unkris ini menekankan pentingnya belajar dan bekerja keras. Mahasiswa Unkris sebagai bagian dari calon pemimpin masa depan bangsa harus memiliki semangat untuk belajar dan berprestasi. “Teladani Mahaguru Krisnadwipayana yang memiliki sifat welas asih, menghargai, menghormari, bekerja ikhlas, topo ing rame, tidak ingin dipuji, selalu menjunjung tinggi nilai kebaikan dan lainnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dr Ayub mengingatkan pentingnya membangun integritas selama belajar di Unkris. Mengutip pernyataan Billy Moon, seorang CEO perusahaan multinasional, menyebutkan bahwa kesuksesan seseorang, 90 persen ditentukan oleh integritas, jujur, komitmen, konsisten, bisa dipercaya, satu kata dan perbuatan, kerja keras, cerdas, ikhlas dan tidak mudah putus asa.

Rektor Unkris juga meminta mahasiswa baru segera melakukan adaptasi cara belajar. Karena menyandang status mahasiswa tentu memiliki model dan cara belajar yang berbeda dengan siswa SMA atau SMK. “Kalian harus mulai belajar secara mandiri, tidak terus menerus disuapi. Tugas-tugas berat selama masa perkuliahan harus kalian hadapi, jangan cengeng dan putus asa,” kata dia menegaskan.

Sementara itu Wakil Rektor 3 Unkris, Dr Parbuntian Sinaga, menjelaskan PKKMB tahun 2023 digelar selama empat hari, yakni tanggal 13-16 September dengan rincian 2 hari dengan BEM universitas dan dua hari di tingkat fakultas.

Parbuntian memastikan bahwa kegiatan PKKMB tidak diwarnai dengan perploncoan senior kepada junior. “Semua kegiatan PKKMB diketahui dan diawasi oleh pimpinan universitas sehingga kami pastikan tidak ada tindak kekerasan atau biasa disebut perploncoan. Semua kegiatan sifatnya mendidik dan mengusung nilai-nilai budaya,” kata dia.

Adapun Ketua Pelaksana PKKMB Unkris, Mahardika Surya Irawan, mengatakan PKKMB diisi dengan kegiatan Pengenalan Struktural Universitas dan Sejarah Unkris oleh Warek 3 Dr Parbuntian Sinaga, termasuk pengenalan 14 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Materi lainnya tentang MBKM Program Kewirausahaan dan Sosialisasi Permendikbud Nomor 30 tahun 2023 oleh Ketua LPKK Unkris Dr Susetya Herawati. Kegiatan dimoderatori oleh Hana Nadiah, Duta Kartini Unkris yang juga mahasiswa Teknik Mesin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement