Senin 04 Dec 2023 16:44 WIB

Himpunan Mahasiswa Prodi Studi Manajemen FE Unkris Gelar Business Plan Competition

Ini wadah mahasiswa untuk memperkenalkan konsep maupun bisnis yang sudah dijalankan.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajeman Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan Business Plan Competition (BPC) secara daring pada Sabtu (2/12/2023).
Foto: Unkris.
Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajeman Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan Business Plan Competition (BPC) secara daring pada Sabtu (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajeman Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan Business Plan Competition (BPC) secara daring pada Sabtu (2/12/2023). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Management Fair Volume V tersebut diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Para peserta berasal dari Unkris, UPN Veteran, Binus University, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Indonesia, dan lainnya dengan juri Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris Dr Susetya Herawati.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Unkris Dr Fajar Cahyo Utomo, SE, MM mengatakan, BPC merupakan salah satu kegiatan program studi manajemen untuk menghasilkan lulusan yang sesuai capaian profil lulusan prodi manajemen yakni menjadikan seorang wirausahawan.

“BPC juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperkenalkan konsep maupun bisnis yang sudah dijalankan oleh mahasiswa. Melalui BPC, mahasiswa Unkris tidak hanya berhadapan dengan teman sekampus, tetapi juga adu ide bisnis dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain,” kata Dr Fajar dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (4/12/2023).

 

Karena itulah, lanjut Dr Fajar, Unkris sangat mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan BPC ini. “Adu ide bisnis dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain tentu memberikan pengalaman berbeda bagi mahasiswa,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi Unkris, Dr. Iwan Kurniawan Subagdja SE, MM. Kompetisi BPC yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, kata Dr Iwan, dapat menjadi wadah mahasiswa untuk membuat suatu rancangan usaha yang diharapkan dapat menciptakan wirausahawan-wirausahawan muda yang sukses dan mandiri. “Selain itu juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang bertujuan menopang ekonomi bangsa untuk tumbuh lebih baik ke depannya,” tegas dia.

Dr Iwan memandang kegiatan BPC ke depan harus dirancang lebih menarik lagi dengan bentuk apresiasi yang lebih besar nilainya sehingga akan banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kompetisi BPC. “Jadi pesertanya tidak hanya dari lingkungan kampus sendiri, tetapi juga dari kampus-kampus lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen FE Unkris M Teguh Firmansyah mengatakan, BPC merupakan kegiatan rutin yang digelar mahasiswa Prodi Manajemen Unkris setiap tahunnya. Tahun ini BPC mengambil tema “Preparing Your Entrepreneurs To Face The Demographic Bonus and Society 5.0” dengan subtema fashionpreneur, culinary, creative industry, technology, dan agrocomplex.

Terkait penilaian, juri BPC Dr Susetya Herawati mengatakan, penilaian terdiri atas beberapa komponen, mulai dari performance saat presentasi, kesiapan, materi presentasi, ketepatan waktu, kekompakan, ide bisnis, BMC dengan 9 indikator, teknologi yang digunakan, dan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement