Kamis 14 Dec 2023 21:42 WIB

Unkris Berpartisipasi Aktif dalam Gelaran Indo Build Tech Expo 2023

Unkris membuat inovasi dalam desain bangunan cottage modern berbahan alam.

Dosen dan mahasiswa Prodi Arsitektur Unkris berfoto depan booth IBT Expo 2023 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Foto: Unkris.
Dosen dan mahasiswa Prodi Arsitektur Unkris berfoto depan booth IBT Expo 2023 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Krisnadwipayana (Unkris) berpartisipasi aktif dalam gelaran Indo Build Tech Expo 2023 untuk kedua kalinya dalam tahun 2023 di Hall D2, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kegiatan yang berlangsung 29 November hingga 2 Desember 2023 tersebut mengusung tema besar Forward with Indo Build Tech yang bertujuan memberikan akses bagi mahasiswa, arsitek, kontraktor, dan masyarakat luas di dunia arsitektur dengan memperkenalkan kemajuan teknologi di sektor konstruksi.

Dalam kegiatan tersebut, Unkris mengusung tema Future with Recycle Nature. Tema tersebut, kata Kaprodi Arsitektur Unkris, Astria Melanira, ST MSi, bertujuan menciptakan berbagai inovasi dalam desain bangunan cottage modern berbahan alam.

“Kita tahu bahwa penggunaan bahan alami tidak hanya memberikan keindahan estetika, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan,” kata Astria dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/12/2023).

Menurut Astria, dalam perjalanan menuju masa depan, penting untuk mengadaptasi perkembangan zaman tanpa melupakan peran penting unsur alam sebagai penyeimbang keseimbangan ekosistem.

Astria mengakui, keikutsertaan Unkris dalam kegiatan Indo Build Tech Expo 2023 memberikan banyak sekali manfaat baik bagi mahasiswa maupun kampus. Bagi mahasiswa, keikutsertaan dalam Indo Build Tech antara lain menambah ilmu dan melatih kerja sama team karena selalu bersama melakukan workshop untuk mempersiapkan karya yang akan ditampilkan di IBT, dan menambah relasi antarmahasiswa dari kampus lain.

Sedangkan bagi kampus, keterlibatan dalam ajang Indo Build Tech Expo merupakan sarana promosi agar Unkris lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, khususnya untuk Prodi Arsitektur.

Lebih lanjut, Astria mengatakan sepanjang tahun 2023, Unkris berpartisipasi dalam Indo Build Tech Expo sebanyak 2 kali, yakni tanggal 5-9 Juli yang digelar di ICE BSD Tangerang dan tanggal 29 November hingga 2 Desember di JIExpo, Kemayoran. Partisipasi Unkris dalam IBT Expo 2023 dilakukan setelah mendapat undangan langsung dari pihak IBT untuk mengisi booth universitas.

Sementara itu, Ketua Pelaksana IBT Expo Unkris, Cikal Aprilia Zaenal mengatakan, dalam Indo Build Tech Expo 2023 kali ini, dari 15 booth yang disediakan bagi peserta kalangan universitas, Unkris mendapatkan dua booth. “Pihak IBT melihat keseriusan kami untuk ikut serta dalam Indo Build Tech Expo 2023 di JIExpo, Kemayoran. Selain itu, Unkris selalu berpartisipasi dalam setiap ajang IBT yang digelar rutin tiap tahun,” jelas dia.

Di tempat terpisah, Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono menyampaikan, kebanggaannya bahwa mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Unkris kembali mendapat kepercayaan untuk ikut dalam Indo Build Tech Expo. Ini adalah partisipasi rutin yang dilakukan mahasiswa Prodi Arsitektur Unkris setiap tahunnya.

“Kami bersyukur bahwa Program Studi Arsitektur FT Unkris setiap tahun dipercaya mengikuti pameran IBT Expo termasuk tahun ini. Bagi kami ini menjadi bukti bahwa mahasiswa arsitektur FT Unkris mendapatkan panggung istimewa yang disejajarkan dengan konsultan nasional,” kata Dr Ayub.

Menurut Rektor Unkris itu, keterlibatan mahasiswa dan juga para dosen Arsitektur Unkris dalam IBT Expo memiliki peran yang sangat strategis. Selain menyangkut kepercayaan dari penyelenggara, IBT juga sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa arsitektur Unkris.

“Jadi melalui ajang ini mahasiswa Unkris tidak hanya belajar secara teori, namun juga mengimplementasikan dalam dunia nyata terkait ilmu yang telah dipelajarinya,” ujar Dr Ayub menjelaskan.

Hal ini, lanjut Dr Ayub, sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana mahasiswa berkesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. “Terlibat dalam IBT Expo berarti memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya di dunia nyata,” kata dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement