Selasa 12 Sep 2023 00:41 WIB

PDIP Mengeklaim Sebagai Partai Kiri, Bagaimana Istilah 'Kiri' Muncul dalam Politik?

Partai-partai kiri masih aktif di banyak negara dan terus berjuang untuk kesetaraan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agus raharjo
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Foto:

Berikut adalah beberapa ideologi kiri utama yang telah berkembang selama ini:

Sosialisme: Sosialisme merupakan sistem ekonomi dan politik yang menganjurkan kepemilikan bersama alat-alat produksi. Kaum sosialis percaya bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai keadilan sosial dan kesetaraan.

Komunisme: Komunisme adalah bentuk sosialisme yang lebih radikal yang menganjurkan penghapusan negara dan sistem kelas. Kaum komunis percaya bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai kesetaraan sejati.

Demokrasi sosial: Demokrasi sosial adalah bentuk sosialisme yang moderat yang menganjurkan ekonomi campuran dengan negara kesejahteraan yang kuat. Demokrasi sosial percaya bahwa dimungkinkan untuk mencapai keadilan sosial melalui reformasi bertahap.

Progresivisme: Progresivisme adalah filsafat politik yang menganjurkan reformasi sosial dan ekonomi. Progresif percaya bahwa pemerintah harus berperan dalam mengatasi masalah-masalah masyarakat, seperti kemiskinan, ketimpangan, dan degradasi lingkungan.

Libertarianisme: Libertarianisme adalah filsafat politik yang menekankan kebebasan individu dan pasar bebas. Libertarian percaya pemerintah harus memainkan peran minimal dalam ekonomi dan masyarakat.

Politik kiri adalah bidang yang kompleks dan beragam, dan tidak ada definisi tunggal yang mencakup semua bentuk yang berbeda. Namun, benang merah yang menyatukan semua ideologi kiri adalah keyakinan bahwa keadilan sosial dan kesetaraan adalah tujuan yang esensial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement