Sabtu 09 Sep 2023 20:56 WIB

Korban Love Scamming Harus Segera Hentikan Komunikasi dengan Pelaku

Tetapi jangan menghapus semua jejak digital, obrolan komunikasi dengan pelaku.

Kencan online (ilustrasi).
Kencan online (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif ICT Watch Indriyatno Banyumurti mengatakan bila seseorang menjadi korban pelaku love scammer, sebaiknya korban segera menghentikan komunikasi dengan pelaku.

"Harus segera hentikan komunikasi. Tetapi jangan menghapus semua jejak digital, obrolan komunikasi dengan pelaku," kata Indriyatno Banyumurti dalam media talk bertajuk "Cegah Perempuan Terjerat Love Scamming", di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga

Bahkan korban harus menyusun kronologi kasus yang menimpanya jika hendak melaporkan kasusnya ke pihak yang berwenang. Korban juga harus menghubungi bank jika merasa telah memberikan uang kepada penipu tersebut.

Kemudian korban harus memberitahu laman atau aplikasi tempat korban bertemu dengan si penipu."Bila kita mengenal orang itu dari Facebook maupun aplikasi kencan, kita harus melaporkan orang itu. Supaya orang lain tidak menjadi korban berikutnya," kata Indriyatno.

Love scam adalah penipuan berkedok asmara. Pelakunya memakai trik kepercayaan yang melibatkan perasaan dengan pura-pura bersikap romantis, mencintai korban, dan berupaya mendapatkan kasih sayang korban. Setelah korban teperdaya, kemudian pelaku melakukan penipuan.

Modus love scamming umumnya ada dua. Pertama, mencuri uang korban. Kedua, dengan memaksa korban mengirimkan foto tidak senonoh kepada pelaku, dan kemudian foto tersebut dijadikan alat untuk memeras si korban.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement