Sabtu 09 Sep 2023 05:40 WIB

Sudirman Said Klaim Anies Didukung Nahdliyin, Muhammadiyah, dan Islam Perkotaan

PKS istiqomah bersama Pak Anies, namun tak kunjung gelar rapat Dewan Syura.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Anies Rasyid Baswedan dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Juru Bicara Anies Rasyid Baswedan dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Anies Rasyid Baswedan dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lewat rapat Majelis Syura. Hingga kini, PKS baru mendukung Anies, bukan satu paket dengan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Sadirman meyakini, PKS akan tetap dalam barisan pengusungan pasangan Anies-Cak Imin. Hingga kini, pasangan itu baru didukung Partai Nasdem dan PKB.

Baca Juga

"Setahu saya Majelis Syura belum bersidang, jadi saya tidak pernah mendengar ada info atau kabar bahwa PKS tidak mendukung Anies. Info yang saya dengar bahwa PKS istiqomah bersama Pak Anies, tinggal memutuskan doa untuk calon (wakil) presidennya," ujar Sudirman di Kantor Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Hadirnya PKS tentu akan memperkuat koalisi pengusungan Anies-Cak Imin di berbagai wilayah Indonesia. Partai Kebnagkitan Bangsa (PKB) akan meningkatkan suara Anies di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang selama ini dipandang sebagai kelemahan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Adapun Nasdem memiliki basis massa yang sangat kuat di luar Pulau Jawa. Sedangkan PKS memegang peranan yang sangat penting dalam menguatkan Anies-Cak Imin di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

"Jadi semuanya sangat penting dan kami punya harapan besar supaya tiga partai ini bisa terus bersama-sama," ujar eks menteri ESDM tersebut.

Hadirnya PKB dan PKS juga menguatkan basis pemilih Anies-Cak Imin di berbagai kalangan pemilih Muslim. Harapannya dengan hadirnya PKS, tentu akan menguatkan pasangan tersebut dalam berbagai spektrum pemilih.

"Semua partai sangat melengkapi, yang kami bersyukur spektrumnya kan sangat baik, dari nasionalis diwakili oleh Nasdem, kemudian dari teman-teman Nahdliyin. Insya Allah Pak Anies mendapat dukungan kuat juga dari kalangan Muhammadiyah, tapi juga Islam perkotaan," ujar Sudirman.

Hingga saat ini, PKS belum mau berkomentar terkait waktu pelaksanaan rapat Majelis Syura dan masa depan mereka untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Hanya Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengatakan, ada rencana kunjungan Ketum PKB Cak Imin ke kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

PKB tak kunjung ke PKS...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement