Rabu 06 Sep 2023 17:59 WIB

Nasdem dan PKB Masih Tunggu Keputusan PKS Songsong Pilpres 2024

PKS hingga kini secara resmi belum mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali berpidato di samping Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali berpidato di samping Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat konsolidasi antara Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023), belum menghasilkan kesimpulan apapun. Pasalnya, kedua partai masih menunggu keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi untuk mendukung pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin).

"Karena ini adalah pertemuan pertama maka hari ini belum bisa diputuskan belum bisa disimpulkan. Karena pertama, kami masih menunggu PKS untuk kita rumuskan bersama-sama," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali usai rapat di Nasdem Tower, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu.

Baca Juga

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold adalah sebesar 20 persen. Jumlah suara Partai Nasdem (9,05 persen) dan PKB (9,69 persen) belumlah memenuhi syarat tersebut.

Namun, keduanya memenuhi syarat pencalonan presiden yang lain, yakni memiliki minimal 115 kursi di DPR. Jumlah kursi mereka adalah 117 kursi, dengan Partai Nasdem (59 kursi) dan PKB (58 kursi) alias melebihi ketentuan.

Dengan hadirnya PKS, Ali yakin, hal tersebut akan menambah kekuatan dari koalisi pengusung pasangan Amin. Hanya saja, sambung dia, dalam proses menunggu tersebut, Partai Nasdem dan PKB akan melakukan konsolidasi di setiap tingkatan kepengurusannya di berbagai daerah.

"Setelah pertemuan ini sudah mulai melakukan konsolidasi di basis masing-masing. Sehingga pembentukan tim pemenangan nasional itu nanti akan kita kukuhkan setelah parpol koalisi sudah dinyatakan lengkap dan melaksanakan konsultasi kepada capres," ujar Ali.

Waketum DPP PKB, Jazilul Fawaid menyampaikan, pihaknya menghormati mekanisme pengambilan keputusan di PKS lewat forum rapat Majelis Syura. Dia menyebut, partainya juga berencana menggelar silaturahim ke kantor DPP PKS.

"Ini sudah dijadwal, ya nanti kalau sudah pembicaraannya lebih detail. Jadi jangan buru-buru, ojo kesusu kata Pak Waketum Nasdem, jadi kita saatnya waktu bekerja," ujar Jazilul.

Hal senada juga disampaikan Jazilul, bahwa PKB akan langsung melakukan kerja-kerja politik sambil menunggu keputusan PKS. Salah satunya, perintah kepada DPW dan DPC PKB di seluruh Indonesia untuk berkomunikasi dengan pengurus Nasdem di seluruh wilayah.

Pilih juru bicara...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement