Jumat 08 Sep 2023 21:59 WIB

Pelatihan UMKM di Bandar Lampung, Komunitas Ojol Ganjar Sasar Driver Perempuan

Para mitra ojol didorong untuk bisa membuka usaha UMKM.

 pelatihan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) kepada para driver ojol lady (perempuan) yang berada di BC GLB  (Grab Gojek Lampung Bersatu) di Jalan Harapan, Kelurahan Ratu, Bandar Lampung.
Foto: Dok. Web
pelatihan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) kepada para driver ojol lady (perempuan) yang berada di BC GLB (Grab Gojek Lampung Bersatu) di Jalan Harapan, Kelurahan Ratu, Bandar Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kelompok relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia dukung Ganjar tidak ada henti-hentinya mengadakan kegiatan positif dan bermnfaat kepada masyarakat luas.

Terbaru, Kajol Dukung Ganjar itu mengadakan pelatihan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) kepada para driver ojol lady (perempuan) yang berada di BC GLB  (Grab Gojek Lampung Bersatu) di Jalan Harapan, Kelurahan Ratu, Bandar Lampung.

Baca Juga

DPW Kajol Indonesia Lampung, Triono Hendra Safei mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk berdiskusi pentingnya membangun usaha meskipun dalam bentuk kecil. Itu karena pelatihan ini bisa menjadi usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh para pengemudi ojek online, mengingat persaingan di dunia kerja akan semakin sengit.

"Driver ojek online sekitarnya berkumpul dan berdiskusi mengenai pentingnya berusaha di saat sepinya orederan, sehingga bisa menjadi solusi memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkap Triono seperti dilansir pada Jumat (8/9/2023).

Dia berharap melalui pelatihan UMKM itu para driver ojol memiliki pandangan lebih kreatif, sehingga bisa melakukan hal baru yang bermanfaat.

Triono menyebutkan pelatihan itu digelar karena terinspirasi dari Ganjar Pranowo yang dekat dengan rakyat tanpa mengenal apa perkejaanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para driver di Lampung. Hal itu dilihat saat para driver ojol menghadiri pelatihan tersebut.

Mereka tampak semangat untuk mengikuti pelatihan itu karena dinilai sangat bermanfaat untuk usaha samping mereka.

Andriana, salah satu driver ojol mengakui bahwa kegiatan yang digelar oleh Kajol Indonesia sangat positif dan bermanfaat. Selain mendapatkan ilmu tentang berwirasusaha, para driver juga bisa bisa bersilahturahmi dengan driver lain.

"Ini sangat bermanfaat bagi kami, driver, selain mendapatkan pelatihan tentu bisa bersilaturahmi kepada driver lain," kata dia.

Dia berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan di wilayahnya. "Semoga Kajol Indonesia bisa menggelar kegiatan seperti ini lagi. Terima kasih Kajol Indonesia," kata dia. 

Sebelumnya, ojol di Kabupaten Serang ikut serta dalam pelatihan kewirausahaan yang diinisiasi oleh relawan Kajol. Pelatihan tersebut dihelat di salah satu restoran di Jl Raya Cilegon, Pondok Cilegon Indah, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten. 

Juru bicara Kajol Indonesia, Risnandar, mengatakan, ada lebih dari 500 pengemudi ojol yang ikut dalam pelatihan ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Serang. 

 

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman driver ojol yang memang ingin perekonomiannya meningkat di luar dari penghasilannya sebagai ojol," kata dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement