Selasa 05 Sep 2023 17:22 WIB

Dishub DKI Sediakan 29 Bus Listrik Selama KTT ASEAN 2023 di Jakarta 

Ada empat rute shuttle bus dikerahkan untuk melayani delegasi KTT ASEAN di Jakarta.

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Erik Purnama Putra
Bus listrik yang dioperasikan PT Transjakarta melayani delegasi selama KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Bus listrik yang dioperasikan PT Transjakarta melayani delegasi selama KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan armada bus listrik selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 berlangsung di Jakarta pada Selasa (5/9/2023) hingga Kamis (7/9/2023). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo mengatakan, ada 29 bus listrik yang disediakan selama KTT ASEAN berlangsung.

"Total sebanyak 29 bus listrik. Ada 24 unit melayani empat rute shuttle bus dan lima unit melayani di Bandara Soekarno-Hatta," kata Syafrin saat dikonfirmasi di Jakarta pada Selasa (5/9/2023).

Dia menjelaskan, Dishub DKI telah mengoperasikan armada bus Transjakarta listrik untuk empat layanan shuttle line sejak 30 Agustus hingga 7 September 2023. Keempat layanan tersebut mencakup, shuttle Blue Line yang beroperasi mulai 30 Agustus-4 September dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

"Delapan armada bus Transjakarta listrik dikerahkan untuk layanan shuttle Blue Line dari Sultan Hotel Residence menyusuri jalan ke Gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri dan kembali ke hotel," kata Syafrin.

Kedua, layanan shuttle Red Line yang beroperasi pada 2 September pukul 07.00- 19.00 WIB. "Armada bus yang beroperasi di rute shuttle Red Line berkeliling dari Hotel The Ritz Calton sayap barat menyusuri jalan ke gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri, gedung Polda Metro Jaya dan masuk kembali ke kawasan hotel dari sayap timur hotel," kata Syafrin.

Ketiga, shuttle Purple Line yang beroperasi pada 4 September dari pukul 17.00 hingga 19.00 WIB, dengan rute Ballroom Hotel Sultan menyusuri jalan menuju sisi timur dan barat The Ritz Calton. Semuanya melayani delegasi ASEAN yang hadir di Jakarta.

"Layanan keempat shuttle Green Line yang beroperasi pada tanggal 4 hingga 7 September dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB dengan rute drop off media dari pintu 9 GBK menyusuri ruas jalan ke Stasiun MRT Istora Mandiri 2, Istora Senayan, Balai Sidang JCC Senayan," ujar Syafrin.

Sejumlah pemimpin negara telah tiba di Indonesia menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, Senin (4/9/2023). Dikutip dari siaran pers Istana, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown telah tiba di Indonesia pada Ahad (3/9/2023).

Kehadiran PM Kepulauan Cook Mark Brown di KTT ASEAN dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF). Kemudian, Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao dan PM Vietnam Pham Minh Chinh tiba pada Senin pagi ini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tampak menyambut kedatangan PM Vietnam yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong. Sedangkan, pada siang hari tampak ketibaan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sekitar pukul 11.30 WIB.

Terliihat menyambut kedatangan PM Kamboja yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Kamboja untuk Indoneia Iv Heang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement