Rabu 30 Aug 2023 13:44 WIB

Momen Jokowi Beri Jempol untuk Prabowo dan Ganjar di Tengah Kerumunan Warga

Jokowi memberikan kode apresiasi kepada dua kandidat capres yang mendampinginya itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa pedagang dan warga di Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jateng, Selasa (29/8/2023).
Foto: Dok. HPJT
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa pedagang dan warga di Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jateng, Selasa (29/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Dessy Suciati Saputri, Febryan A, Wahyu Suryana 

Momen unik terjadi ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). Di tengah kerumunan warga, Jokowi memberikan kode apresiasi kepada dua kandidat capres yang mendampinginya itu. 

Baca Juga

Awalnya Jokowi dan Prabowo yang sama-sama mengenakan baju putih, serta Ganjar yang dibalut batik hitam-putih disambut meriah oleh pedagang dan warga di pasar tersebut sekitar pukul 15.00 WIB. Jokowi dan Prabowo tampak menyalami warga yang mengerubungi mereka. 

"Pak Jokowi! Pak Prabowo!" teriak masyarakat sembari berebut menyalami keduanya, sebagaimana tampak dalam video yang diterima Republika dari tim media Prabowo. 

Di satu titik, tampak Ganjar tertawa lepas mendengar teriakan warga. Prabowo lantas memegang punggung calon rivalnya itu. Melihat kejadian tersebut, Jokowi spontan menunjuk Prabowo dan Ganjar berulang kali sembari tersenyum ke arah warga. Setelah itu, Jokowi mengacungkan jempolnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga makan siang bersama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Kebersamaan ketiganya terlihat dari foto yang diunggah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana melalui akun media sosial instagramnya. Selain ketiga tokoh tersebut, juga tampak duduk bersama menikmati makan siang yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

Dalam foto tersebut, Ari Dwipayana menuliskan keterangan makan bersama dan memberikan tagar Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Pranowo. Menurut Ari, momen tersebut diambil saat makan siang bersama usai pembukaan acara Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan. 

"Ini suasana makan siang setelah muktamar di rumah makan Teras Bali Kota Pekalongan," kata Ari. 

Menurutnya, suasana makan siang tersebut tampak santai. Namun saat ditanya apakah ada pembahasan politik saat makan siang bersama itu, Ari tak menjawabnya. 

"Ya lah santai," kata dia. 

Usai makan siang bersama, Ari mengatakan bahwa Presiden Jokowi didampingi Iriana blusukan ke pasar. Kegiatan blusukan itu juga diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Prabowo. 

"Setelah makan siang, Presiden didampingi Ibu Negara serta rombongan termasuk Pak Ganjar dan Prabowo "blusukan" ke Pasar Grogolan Pekalongan," ujarnya. 

Dalam foto yang diunggah, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam tampak duduk di samping Mensesneg Pratikno. Jokowi duduk berhadapan dengan Prabowo. Sedangkan Prabowo duduk di samping Ganjar Pranowo. 

Di meja makan juga tampak berbagai sajian makanan dan minuman. Para tokoh itupun tampak terlihat menikmati kebersamaan saat makan siang bersama. Baik Jokowi, Pratikno, Prabowo, maupun Ganjar pun tampak tersenyum lebar. 

Momen tersebut terbilang menarik karena Prabowo dan Ganjar merupakan bakal capres Pilpres 2024 dari kubu berbeda. Prabowo diusung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas empat partai parlemen. Adapun Ganjar hendak dicalonkan oleh PDIP dan PPP. 

Kejadian serupa pernah terjadi ketika Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kebumen, Jawa Tengah, pada Maret 2023 lalu. Jokowi persisnya bertemu dengan petani di areal persawahan di sana. Alih-alih didampingi Menteri Pertanian, Jokowi justru ditemani oleh Prabowo dan Ganjar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement