Selasa 29 Aug 2023 13:30 WIB

Sebut Atraksi Politik Parpol Belum Selesai, Jokowi: Masih Wira-Wiri Sana Sini

Jokowi meminta relawannya untuk tidak tegesa-gesa terkait Pemilu 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi saat memberikan keterangannya usai menghadiri KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (24/8/2023).
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat memberikan keterangannya usai menghadiri KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (24/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan agar para pendukungnya tak terburu-buru dalam menentukan pilihan di Pilpres 2024. Sebab, menurutnya, atraksi yang dilakukan partai politik saat ini masih belum selesai.

Partai politik, dinilainya masih terus bergerak untuk menentukan arah politiknya. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) relawan Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) di Kota Cirebon, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga

“Oleh sebab itu saya pesan, urusan 2024 tidak usah tergesa-gesa. Ojo, ojo kesusu, kita kerja dulu saja untuk ekonomi negara kita. Karena saya melihat atraksi politiknya belum selesai, wira-wiri sana-sini saya melihat masih. Saya nggak tahu partai ini ke sana, partai ini ke sini, partai ini ke sana, partai ini ke sini. Jadi masih ngalor ngidul,” kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi pun meminta agar saat ini masyarakat mengamati terlebih dahulu pergerakan partai politik dalam menentukan arah politiknya. Jokowi menyebut, partai politik pun masih mencari-cari format koalisi terbaik. Sehingga calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 masih belum jelas.

“Jadi kita dari jauh mengamati saja mengamati dulu setuju ndak? Karena kelihatannya partai masih mencari format koalisi, partai masih mencari format koalisi. Calonnya juga masih belum jelas, cawapresnya siapa juga belum jelas,” ujar Jokowi.

Jokowi ingin agar masyarakat saat ini fokus untuk bekerja lebih giat dan produktif. Ia tak ingin urusan politik 2024 justru menganggu stabillitas ekonomi nasional. Sebab, kata Jokowi, kondisi dunia saat ini juga masih sulit dan penuh tantangan.

“Saya selalu menyampaikan jangan sampai urusan politik di 2024 itu mengganggu stabilitas ekonomi kita. Karena kalau terganggu dalam posisi dunia sulit itu kadang-kadang mengembalikannya akan sangat sulit, kadang-kadang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement