Jumat 25 Aug 2023 15:24 WIB

DBS Gandeng BenihBaik Bangkitkan Kampung Budaya Betawi

Setu Babakan menggambarkan sejarah dan kebudayaan khas Betawi

Bank DBS Indonesia menjalin kolaborasi dengan BenihBaik.com dalam upaya menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Foto: Novita Intan/Republika
Bank DBS Indonesia menjalin kolaborasi dengan BenihBaik.com dalam upaya menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank DBS Indonesia menjalin kolaborasi dengan BenihBaik.com dalam upaya menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Direktur PT Bank DBS Indonesia Lim Chu Chong mengatakan Setu Babakan bukan hanya sebuah ruang terbuka publik, tetapi juga ruang yang menggambarkan sejarah dan kebudayaan khas Betawi yang tentunya perlu bersama-sama kita lestarikan.

"Kolaborasi dengan BenihBaik.com ini merupakan wujud nyata dari pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia yang ketiga, yakni Impact Beyond Banking yang menggarisbawahi dedikasi kami berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (25/8/2023).

Selain sebagai ikon budaya Betawi, Setu Babakan juga memiliki peran sebagai salah satu titik pengendali banjir sehingga perlu dijaga agar kebudayaan dan lingkungannya terus lestari. Sebagai bank yang memiliki tujuan positif atau purpose-driven bank, Bank DBS Indonesia memiliki kepedulian terhadap isu terkait keberlanjutan dan komitmen environment, social dan governance.

“Guna mewujudkan komitmen tersebut, Bank DBS Indonesia memberikan dukungan dalam pelestarian Setu Babakan diantaranya dengan pembersihan lingkungan Setu Babakan yang berhasil mengumpulkan 292,8 kg sampah dalam durasi satu jam, menanam pohon trembesi untuk penghijauan, serta penyaluran sarana umum tempat sampah portable untuk mendorong kebiasaan hidup bersih,” ucapnya.

Selain itu, Bank DBS Indonesia juga memberikan edukasi terkait daur ulang sampah untuk dijadikan produk bernilai guna, serta kelas literasi keuangan dasar untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Rangkaian edukasi ini disampaikan langsung oleh karyawan Bank DBS Indonesia sebagai bagian dari kegiatan sukarelawan (volunteering) yang disebut People of Purpose.

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan Setu Babakan serta warga sekitar dan menjadi pendorong bagi kami agar semakin giat untuk menjangkau lebih banyak komunitas dengan beragam inisiatif yang berdampak positif,” ucapnya.

BenihBaik.com yang menjadi mitra Bank DBS Indonesia dalam kegiatan ini adalah sebuah platform crowdfunding dan CSR Marketplace yang telah terverifikasi, berkualitas, dan terpercaya yang menyediakan solusi berkelanjutan masalah sosial yang yang dihadapi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebagai jembatan kebaikan, BenihBaik.com berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dan membawa perubahan nyata untuk Indonesia yang lebih baik.

CEO & Founder BenihBaik.com Andy F Noya menambahkan atas sinergi yang luar biasa antara BenihBaik.com, Bank DBS Indonesia, dan seluruh komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini. Kolaborasi ini membuktikan bahwa bersama-sama, memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif.

"Besar harapan kami agar dampak positif yang dihasilkan dari inisiatif ini tidak hanya akan memberi manfaat bagi Setu Babakan, Jagakarsa saat ini, tetapi juga akan menjadi benih baru yang akan tumbuh menjadi lebih besar dan lebih berarti di masa yang akan datang. Mari kita jaga bersama keberlanjutan program ini untuk masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Pada tahun ini Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk menanam sekitar lima ribu pohon bakau, trembesi dan jenis pohon hutan tropis lainnya yang tersebar di Jakarta, Cilegon, Bogor, hingga Bali. Lebih dari itu, hingga Juli 2023, karyawan Bank DBS Indonesia telah mencatatkan 12.169 jam yang didedikasikan untuk kegiatan sukarelawan sebagai bagian dari People of Purpose.

Literasi finansial diberikan Bank DBS Indonesia kepada masyarakat di Setu Babakan, Jagakarsa juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan dan digital masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia telah menjalankan edukasi literasi finansial seperti cara mengatur sumber daya, pendapatan, aset, dan modal kerja dengan lebih efektif kepada pelaku UMKM beberapa kota termasuk Makassar, Medan, Pontianak dan Balikpapan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement