Rabu 23 Aug 2023 09:58 WIB

Dua Truk 'Adu Banteng' di Kulon Progo, Sopir Luka Berat Akibat Terjepit Badan Kendaraan

Tiga orang terjepit badan kendaraan yakni dua sopir dan satu kernet.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo
Kecelakaan truk (Ilustrasi)
Foto: antarafoto
Kecelakaan truk (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Dua truk mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Sogan, Karangwuni, Kabupaten Kulon Progo, Rabu (23/8/2023). Kecelakaan ini menyebabkan empat orang mengalami luka.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan, kecelakaan tersebut mengakibatkan tiga orang terjepit badan kendaraan. Tiga orang tersebut terdiri dari dua pengendara truk dan satu kernet.

Baca Juga

Dua sopir mengalami luka berat, sedangkan satu kernet yang turut terjepit badan kendaraan mengalami luka ringan. Satu korban lainnya yang tidak terjepit badan kendaraan turut mengalami luka ringan, yang juga merupakan kernet.

"Kecelakaan antar dua truk yang adu banteng mengakibatkan tiga orang terjepit body kendaraan. Total korban dalam laka lantas di Jalan Sogan, Karangwuni berjumlah empat orang. Ada yang mengalami luka ringan dan luka berat," kata Kamal, Rabu (23/8/2023).

Kamal menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi saat salah satu truk yang melaju dari arah selatan hendak menyalip. Saat itu, truk tersebut berpapasan dengan truk yang melaju dari arah utara.

Pengemudi truk pun tidak bisa melakukan pengereman karena jarak yang sudah terlalu dekat. "Akhirnya terjadi tabrakan adu banteng antara dua truk," ungkap Kamal.

Mendapat laporan adanya kecelakaan ini, Kantor Basarnas Yogyakarta memberangkatkan satu tim rescue dari Unit Siaga Kulon Progo. Tim yang diberangkatkan dilengkapi dengan peralatan ekstrikasi penanganan khusus kecelakaan lalu lintas dengan korban terjepit badan kendaraan.

Proses evakuasi pun langsung dilakukan saat tim tiba di lokasi. Setidaknya, proses evakuasi dilakukan kurang lebih selama 1,5 jam. "Kedua sopir dari kedua truk dapat dievakuasi dalam keadaan selamat," tegasnya.

Kedua pengendara truk pun langsung dibawa ke RSUD Wates untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sementara, kedua kernet yang mengalami luka ringan juga dibawa ke RSUD Wates.

"Semuanya dalam kondisi selamat," ujar Kamal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement