Selasa 22 Aug 2023 14:31 WIB

Dinkes Bekasi Imbau Warga Pakai Masker Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Memakai masker bisa mengurangi risiko penyakit ISPA bagi masyarakat.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Kadinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.
Foto: Republika/Riza Wahyu Pratama
Kadinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi akan membuat surat edaran terkait penggunaan masker di luar gedung. Surat edaran itu dikeluarkan untuk mengurangi risiko penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA) kepada masyarakat. Hal itu menyikapi pencemaran udara di Jabodetabek yang kian mengkhawatirkan.

"Kita Insya Allah akan membuat surat edaran kembali. Surat edaran Walikota terkait penggunaan masker untuk aktivitas di luar gedung," kata Kepala Dinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati saat ditemui Republika.co.id di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Selama kondisi udara tidak bagus, Tanti menyarankan, masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. Hal itu penting agar tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan kondis udara yang kotor.

"Kami berharap juga memang itu kepada masyarakat untuk diperkecil aktivitas di luar gedung. Di dalam kondisi saat ini udara yang dinyatakan tidak sehat," ujarnya.

 

Untuk mempertahankan kondisi tetap sehat, Tanti mengingatkan, warga Kota Bekasi sebaiknya rajin berolahraga, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Dalam kondisi seperti sekarang ini, setiap orang hendaknya perlu menjaga kesehatannya masing-masing.

"Harus rajin olahraga, asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Istirahat yang cukup harus diutamakan untuk menghindari terjadinya kasus-kasus ISPA," kata Tanti.

Wilayah Jawa Barat (Jabar) yang sudah mewajibkan penggunaan masker di antaranya Kota Bandung. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung mengimbau warga setempat untuk menggunakan masker hingga tidak membakar sampah, dalam menyikapi kondisi udara Bandung dengan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) kategori Sedang.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama oleh warga Bandung untuk menjaga diri dan memulihkan kualitas udara di Kota Bandung, yakni mulai menggunakan masker dan tidak membakar sampah," kata Kepala Seksi Pemantauan Lingkungan DLH Kota Bandung Irene Irmamuti di Bandung, Ahad (20/8/2023).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement