Senin 21 Aug 2023 02:31 WIB

Parade Lomba 17-an Ganjaran Buruh Berjuang Dimeriahkan Buruh dari 10 Perusahaan

Ragam lomba diikuti dengan antusias oleh para buruh.

Keceriaan Agustusan Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Keceriaan Agustusan Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kelompok relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar parade lomba 17-an antar buruh perusahaan di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Wasekjen DPP GBB, Pribadie Utomo mengatakan ajang kompetisi antarburuh ini merupakan momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. 

Baca Juga

Para buruh laki-laki maupun perempuan mengekspresikan kebanggaan dan rasa cinta kepada 'Ibu Pertiwi' dengan menjunjung tinggi semangat persatuan.

"Kita menyelenggarakan kegiatan dalam rangka menyambut hut kemerdekaan RI ke-78 dan sebagai penyemangat untuk gerakan dari GBB dengan 'Ganjar untuk Semua', dan 'Tuanku ya Rakyat'," ucap dia seperti dinukil pada Ahad (20/8/2023). 

Adapun lomba-lomba yang disiapkan meliputi cerdas cermat, panjat pinang, dan tarik tambang. Adie mengungkapkan kegiatan ini diikuti sejumlah buruh dari 10 perusahaan di wilayah Cirebon Timur.

Mulai dari PT Tiga Putri, PT Dian Jaya, PT Target, PT Arsa Jaya Pratama (AJP), PT. Dhea, PT. Chaeron Phokpand Indonesia, PT. Putra Utama, Home Industri Rumah Jahit Lela, PT Cirebon Energi Prasarana (CEPR), dan PT Cipta Anugerah Sejahtera (CAS).

"Alhamdulillah hari ini masyarakat sangat antusias sekali ikut meramaikan perlombaan-perlombaan dalam rangka 17-an ini bahkan warga sekitar pun pada berbondong-bondong ikut menyaksikan dan meramaikan kegiatan hari ini," kata dia.

Adie mengungkapkan, GBB sebagai episentrum sukarelawan buruh formal dan informal akan terus bergerak guna mewujudkan tagline ‘Ganjar Pranowo Presiden buruh Indonesia’ melalui konsolidasi dan penyerapan aspirasi.

"Kegiatan ini sebenarnya arahnya kita melakukan konsolidasi dengan 10 perusahaan tersebut dan sekaligus mensosialisasikan media sosial yang kami jalankan sekarang," kata dia.

"Memberikan informasi-informasi tentang aktivitas Pak Ganjar baik selama sebelum menjabat sebagai gubernur sampai dengan kegiatan-kegiatan kemarin yang dijalankan oleh beliau sehingga kemudian ini bisa menjadi informasi positif buat semua warga buat teman-teman buruh baik formal ataupun informal," ujar dia menambahkan. 

GBB dideklarasikan pada tanggal 20 November 2022 di Semarang, dengan melibatkan seribu buruh dari kota dan kabupaten Semarang. Selama lima bulan terakhir telah melakukan berbagai kegiatan dan menyisir kantong-kantong buruh di pulau Jawa (Jateng, Banten, Jabar, Jakarta dan Jatim).

GBB juga mengusung konsep hubungan industrial alternatif melalui Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) dan pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

FMHI sudah digelar di beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan melibatkan unsur-unsur dari Apindo, Kadin, Serikat Pekerja dan Akademisi.

 

"GBB juga akan memperluas jangkauan ke luar negeri dengan membentuk GBB Luar Negeri yg akan melibatkan WNI yg bekerja di luar neger," kata dia menambahkan, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement