Kamis 17 Aug 2023 13:49 WIB

Dubes Rusia: Semoga Hubungan RI-Rusia Semakin Kuat Sesuai Petuah Sukarno

Rusia mengumumkan akan membangun patung Sukarno di Taman Seni Museon, Moskow.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengucapkan selamat atas peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengucapkan selamat atas peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengucapkan selamat atas peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia. Dia berharap, hubungan bilateral kedua negara dapat semakin kuat sesuai dengan petuah presiden pertama RI, Sukarno.

“Sebagai duta besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga persahabatan antara kedua negara kita semakin kuat terus sesuai dengan petuah-petuah presiden pertama Indonesia, Sukarno. Dirgahayu Republik Indonesia!” kata Vorobieva dalam video singkatnya yang diunggah akun Telegram Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga

Pada Juni lalu, Pemerintah Rusia mengumumkan akan membangun patung Sukarno di Taman Seni Museon, Moskow. “Pembangunan patung Presiden Sukarno dimaksudkan sebagai tanggapan atas dibukanya patung kosmonaut Uni Soviet Yuri Gagarin. Monumen itu didirikan di Jakarta di Taman Mataram dan diresmikan pada 11 Maret 2021,” kata Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow Igor Voskresensky dikutip dalam keterangan pers yang dirilis Kedubes Rusia untuk Indonesia, 10 Juni 2023 lalu.

Dalam keterangannya Voskresensky mengungkapkan, pada 1956, Studio Film Dokumenter Pusat Uni Soviet memproduksi sebuah film tentang kunjungan Sukarno ke Uni Soviet. Dia menemukan cuplikan-cuplikan dari film tersebut saat Sukarno, setelah mengunjungi Galeri Tretyakov, berjalan di tepi sungai Moskow, sepanjang lokasi yang sekarang menjadi Taman Seni Museon.

 

“Jadi kita membuat analogi sejarah, Sukarno pernah berkunjung ke lokasi yang sekarang dipilih untuk patung beliau,” kata Voskresensky dalam penjelasannya mengapa Taman Seni Museon dipilih sebagai tempat pembangunan patung Sukarno.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement