Kamis 17 Aug 2023 02:42 WIB

Kemerdekaan, Momentum Anak untuk Tumbuhkan Semangat Berprestasi

Menjadi harapan setiap orang tua anaknya merdeka dalam belajar.

Cecillia Icha
Foto: Dok Cecilia Icha
Cecillia Icha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dinilai menjadi momentum untuk Anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul. “Kemerdekaan anak bersekolah, anak harus mendapatkan perlakuan yang aman dan nyaman di tempat belajar," ujar Cecilia Icha, seorang konsultan jasa berkaitan dengan Industri TKDN, Selasa (15/8/2023).

Cecil sapaan akrabnya mengungkap, menjadi harapan setiap orang tua anaknya Merdeka dalam belajar, bisa belajar dengan aman, tenang, fokus, mengerti budi pekerti luhur, dan merasa happy dan tidak ada tekanan dari pihak manapun saat bersekolah,” katanya.

Baca Juga

Menurut dia, salah satu tantangan mencapai tujuan tersebut adalah masalah bullying. Mantan Abang None Jakarta Terfavorit 2001 ini menilai bullying berdampak negatif terhadap perkembangan anak. “Anak sekolah dasar tugasnya hanya belajar, bermain, berprestasi,” kata Cecilia yang pernah bermain film layar lebar, bersama aktor kawakan Vino G Sebastian, dalam film “The Police Movie”.

Karena itu, Cecil, saran akrabnya, mengharapkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI membangkitkan semangat yang luar biasa lebih maju lebih sehat lebih berprestasi lebih Memerdekakan anak-anak untuk giat Bersekolah tanpa adanya suatu paksaan apa pun.

“Anak saya pernah dapat perlakuan tidak baik, entah darimana ide mengintervensi seorang anak umur 10 tahun dengan suatu penekanan bahasa/kalimat didasari rasa kesal atau amarah. Dampaknya anak saya tidak mau sekolah, jerit-jerit karena merasa takut bahkan tidak mau pakai kacamatanya karena merasa tidak aman jika anak saya melihat wajah orang dengan jelas,” kata Cecilia yang telah menyelesaikan studi S-1 (bidang sekretaris) dan S-2 (bidang public relations) dari Universitas Budi Luhur ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement