Rabu 16 Aug 2023 14:08 WIB

Bripka Fadjar Gunawan Pantau Penyaluran BLT untuk Antisipasi Dugaan Penggelapan

Penerima BLT warga desa Tupah berjumlah 52 kepala keluarga (KK).

Bhabinkamtibmas Desa Bundar Bripka Fadjar Gunawan dan Babinsa Serda Dadang Firman memantau pembagian BLT di Aceh Tamiang, Selasa (15/8/2023).
Foto: dok pribadi
Bhabinkamtibmas Desa Bundar Bripka Fadjar Gunawan dan Babinsa Serda Dadang Firman memantau pembagian BLT di Aceh Tamiang, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH--Bhabinkamtibmas Bripka Fadjar Gunawan turun langsung salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Tupah, kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang. Hal ini untuk mengantisipasi dugaan penggelapan BLT di wilayah setempat.

Dalam laporanya, Selasa (15/8/2023), Bhabinkamtibmas Bripka Fadjar Gunawan menyebut masyarakat penerima BLT warga desa Tupah berjumlah 52 kepala keluarga atau KK. Penyaluran bantuan itu berdasarkan Permendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 06 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 perihal Perioritas pengunaan Dana Desa Tahun 2023.

Baca Juga

Sementara itu untuk pembayaran penyaluran akan berlangsung selama tiga bulan terhitung dari April, Mei, dan Juni 2023. Kapolsek Karang Baru Iptu Surya Darma Sofyan, mengatakan kehadiran Bhabinkamtibmas Bripka Fadjar Gunawan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Iptu Surya Darma menegaskan, kehadiran Bhabinkamtibmas Bripka Fadjar Gunawan juga dibutuhkan untuk memantau jalannya proses pembagian BLT. “Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam pembagian BLT ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta memantau jalanya proses pembagian,” tegas Iptu Surya Darma Sofyan, dalam keterangan, Rabu (16/8/2023).

Iptu Surya menambahkan, penyaluran BLT yang dilakukan Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa, kepada masyarakat di desa tupah juga merujuk Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 40 Tahun 2020. Berdasarkan peraturan tersebut, bahwa BLT yang diterima oleh masyarakat sebesar Rp 300 ribu perbulan dan akan di bayarkan selama tiga bulan secara beruntun kepada jumlah penerima 52 KK.

“Dengan demikian, jumlah total dana yang akan dibayarkan kepada penerima sejumlah Rp 46,8 juta,” ujar Surya Darma Sofyan.

Sekadar informasi, kegiatan pembagian BLT di Aceh Tamiang juga dihadiri Kapolsek Karang Baru diwakili Bhabinkamtibmas Desa Bundar Bripka Fadjar Gunawan, Babinsa Serda Dadang Firman, staf pendamping Kantor Camat Karang Baru, Ketua MDSK Desa Tupah, perangkat Desa Tupah, dan para penerima BLT-DD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement