Jumat 27 Jan 2023 11:36 WIB

Viral Babinsa Terima Amplop Berlogo Kemenhan Berisi Uang Rp 1 Juta

Ribuan Babinsa di Kodam IV/Diponegoro mengikuti pengarahan Menhan Prabowo di Solo.

Viral video Babinsa menerima amplop berisi uang Rp 1 juta saat mengikuti pengarahan Menhan Prabowo Subianto.
Foto: Tangkapan layar
Viral video Babinsa menerima amplop berisi uang Rp 1 juta saat mengikuti pengarahan Menhan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat Twitter dihebohkan dengan video viral Bintara Pembina Desa (Babinsa), yang mendapatkan pembagian amplop dengan logo Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Bahkan, di akun @BosPurwa, video tersebut sudah ditonton 213 ribu dengan ribuan tanggapan dan komentar.

Ketika dibuka, sang Babinsa menunjukkan raut muka gembira karena isi amplop berwarna merah terdiri uang Rp 100 ribu sebanyak 10 lembar. Bahkan, karena saking senangnya, Babinsa tersebut mengeluarkan lagi uang yang sudah dimasukkannya ke dalam amplop untuk memastikan jumlahnya.

"Satu juta, satu juta. Lumayan," kata salah seorang Babinsa sambil berdiri dengan berusaha menunjukkan uang yang diterimanya dikutip Republika.co.id di Jakarta, Jumat (27/1/2023). Rekan lainnya yang terekam kamera juga ikut angkat jempol. "Mantap," ujarnya ketika mendapatkan uang.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Republika.co.id, pembagian amplop terjadi di acara yang dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto di Markas Kodam Kodam IV/Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/1/2023). Hal itu juga ditandai dengan lambang di pakaian dinas harian (PDH) yang dikenakan Babinsa.

 

Dalam siaran pers Kemenhan, Menhan Prabowo memberikan pengarahan kepada 2.000 prajurit Babinsa di wilayah Kodam IV/Diponegoro yang berlangsung di Kota Semarang, Rabu. Di kesempatan itu, Prabowo juga menyerahkan 100 unit sepeda motor kepada Babinsa untuk mendukung tugas operasional.

Prabowo menegaskan kembali petunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penguatan komando teritorial sebagai tulang punggung pertahanan negara. "Pertahanan Indonesia adalah pertahanan keamanan rakyat semesta. Ini adalah perintah UUD 1945. Karena inilah, kita berdiri dan kita bertahan sampai sekarang," katanya menjelaskan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement