Selasa 15 Aug 2023 15:07 WIB

Pabrik Kayu di Ciamis Kebakaran, Penyebabnya Belum Diketahui

Kondisi angin yang kencang juga membuat api cepat menyebar.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah gudang pabrik kayu mengalami kebakaran di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa (15/8/2023).
Foto: Dok Republika
Sebuah gudang pabrik kayu mengalami kebakaran di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Sebuah gudang milik pabrik kayu PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dilaporkan mengalami kebakaran pada Selasa (15/8/2023). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran (damkar) telah diterjunkan ke lokasi pabrik yang terletak di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis, Yusmana mengatakan menerima laporan kejadian kebakaran itu pada Selasa sekitar pukul 09.00 WIB. Usai menerima laporan, sejumlah petugas langsung diterjunkan untuk melakukan pemadaman di lokasi kejadian.

Baca Juga

"Kronologi saya belum bisa menyampaikan, karena saat sampai api sudah besar," kata dia, Selasa (15/8/2023).

Menurut dia, bagian yang mengalami kebakaran adalah gudang kayu kering. Gudang itu biasa digunakan untuk menyimpan kayu yang siap untuk dikirimkan.

Yusmana mengatakan belum bisa memastikan sumber dari kebakaran tersebut. Pasalnya, petugas masih fokus untuk memadamkan api yang relatif besar.

Menurut dia, proses pemadaman cukup sulit karena bahan di gudang itu mudah terbakar. Selain itu, kondisi angin yang kencang juga membuat api cepat menyebar.

"Kendalanya angin (besar) dan bahan cepat terbakar, itu membuat api sulit dipadamkan," ujar dia.

Ia menyebutkan, setidaknya ada tujuh unit kendaraan damkar yang diterjunkan untuk melakukan pemadaman. Selain itu, proses pemadaman juga dibantu oleh petugas dan kendaraan dari BPBD Kabupaten Ciamis dan damkar Kota Banjar.

-

Pabrik kayu yang terbakar bukan milik PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Republika.co.id telah melakukan koreksi atas pemberitaan di atas.

Koreksi Pemberitaan Kebakaran Pabrik Kayu di Ciamis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement