Senin 14 Aug 2023 17:23 WIB

Bantu Persiapan Warga Kota Palangka Raya Jadi CPNS, Relawan Pandawa Ganjar Gelar Simulasi

Mereka mengadakan simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru.

Simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru (fresh graduate) dari sekolah maupun perguruan tinggi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/8/2023).
Foto: Dok. Web
Simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru (fresh graduate) dari sekolah maupun perguruan tinggi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah akan segera membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ujian seleksi CPNS pun terkonfirmasi segera dibuka pada September 2023 mendatang. Seperti dikutip dari Antara, Senin (14/8/2023), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tengah memantapkan rencana penetapan formasi rekrutmen CPNS ini. 

Menanggapi hal itu, kelompok relawan Pandawa Ganjar Kalimantan memfasilitasi warga yang berencana mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, untuk mempersiapkan diri. Mereka mengadakan simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru (fresh graduate) dari sekolah maupun perguruan tinggi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/8/2023). 

Baca Juga

"Kegiatan hari ini kami melaksanakan simulasi (seleksi) CPNS 2023 di mana kami berkolaborasi dengan salah satu bimbel (bimbingan belajar) sekolah kedinasan di Kota Palangkaraya," kata Koordinator Wilayah Pandawa Kalimantan Nur Ghina Muslimah. 

Pada kesempatan itu, tiga orang pemateri bergantian membahas berbagai macam soal hingga kiat-kiat agar para peserta lebih mudah saat mengikuti seleksi CPNS nanti. 

Setelah mendengarkan penjelasan yang cukup terperinci, para peserta selanjutnya diberikan soal-soal yang biasanya muncul dalam seleksi CPNS, seperti matematika dasar, bahasa Indonesia, hingga soal logika. 

"Mereka menjelaskan perihal apa saja yang akan dibahas pada saat simulasi CPNS. Maksudnya, seperti soal-soal itu mereka jelaskan dan teman-teman (peserta) di sini nanti ada sesi tanya jawab serta menjawab soal-soal yang sudah disiapkan oleh kita," ujar Ghina. 

Menurutnya, kegiatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aspirasi dari masyarakat di Kota Palangkaraya yang ditemui para sukarelawan Pandawa Ganjar selama ini. 

"Tujuan dari kegiatan ini semoga masyarakat di Kota Palangkaraya mendapatkan edukasi mengenai simulasi CPNS, apa saja soalnya. Karena simulasi CPNS ini sangat banyak variasinya. Ada SKD, ada CAT. Jadi, di sini kami fokusnya ke SKD," kata Ghina. 

Dia menambahkan, kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari warga dan mendukung para sukarelawan Ganjar untuk terus mengadakan kegiatan serupa ke depannya. 

Ghina menilai sambutan tersebut sekaligus menunjukkan dukungan warga terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 mendatang. 

"Masyarakat sangat antusias dan juga sangat mendukung kegiatan ini, terutama yang dilakukan oleh relawan Pak Ganjar di Kalimantan. Untuk dukungan, mereka sangat mendukung Pak Ganjar karena semua kegiatan (sukarelawan) Pak Ganjar yang dilakukan di Kalimantan Tengah itu sangat positif terutama pada hari ini," tuturnya. 

Manfaat dari kegiatan kali ini dirasakan pula oleh salah seorang peserta bernama Noor Annisa Ahla yang datang bersama teman-temannya dari berbagai wilayah di Kota Palangkaraya. 

"Kegiatan hari ini bagus karena mempermudah dan memberikan gambaran buat kami nanti yang mengikuti seleksi CPNS yang akan dibuka September 2023," katanya saat ditemui seusai acara. 

Noor mengaku sangat tertarik menjadi CPNS lantaran ingin mengabdi untuk bangsa dan negaranya dengan menjadi aparatur sipil negara (ASN) meskipun ia belum memutuskan untuk masuk ke instansi pemerintahan yang mana. 

Setelah mengikuti simulasi yang digelar kelompok sukarelawan Pandawa Ganjar, dia pun mengaku optimistis untuk mendaftarkan diri dalam seleksi yang kabarnya dibuka pada September 2023. 

"(Materi simulasi) cukup mudah dipahami karena penjelasan dari pemateri cukup jelas dan dijelaskan secara detail. Belum tahu (ikut seleksi CPNS di mana). Cuma, ingin ikut seleksi CPNS," ujar Noor. 

Mewakili kalangan muda di Kota Palangkaraya, Noor menyebutkan harapannya itu berkaitan dengan penyediaan lapangan pekerjaan bagi para lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement