Senin 14 Aug 2023 15:59 WIB

Ini Urutan Popularitas Kandidat Cawapres Menurut Survei Terbaru LSI Denny JA

LSI Denny JA menggelar survei pada 3 hingga 15 Juli 2023.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, M Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, memaparkan hasil rilis LSI Denny JA, Senin (14/8/2023)
Foto:

Berbicara terpisah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka enggan berkomentar terkait merapatkannya Golkar dan PAN ke Gerindra untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres. 

"Jangan tanya saya dong, saya kan bukan siapa-siapa, Iki opo-opo kok isu diuncalke ning aku, aku ki sopo? Ketua partai dudu, sopo-sopo dudu (ini apa-apa kok isu ditanyakan ke aku, aku ini siapa? Ketua partai bukan, siapa-siapa bukan)," kata Gibran di Loji Gandrung, Senin (14/8/2023).

Ditanya apakah sempat ada pembahasan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan ketika beberapa waktu lalu ke Solo, Gibran tak menjawab. Ia hanya mengatakan bahwa dirinya bukan siapa-siapa.

"Saya tidak dalam kapasitas mengomentari itu Ya, saya itu bukan siapa siapa. Wis, Ora mudeng (nggak tahu). Itu kan urusan ketua-ketua, pimpinan, saya ini bukan siapa-siapa. (Zulhas ke Solo kemarin ada obrolan) Saya ini bukan siapa-siapa ya,"

Ditanya soal kedekatan dengan sejumlah bakal capres, Gibran malah berkelakar bahwa ia dekat juga dengan bakal capres Nasdem, Anies Baswedan. Ia juga mengaku dekat dengan putra Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono.

"Kok dua, tiga dong, (pak Anies?) Iya, sama mas Ibas juga jangan lupa dihitung," katanya. 

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi meneken kerja sama untuk bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Dalam deklarasinya, kedua partai politik tersebut juga secara resmi menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan sejumlah alasannya mendukung Prabowo. Salah satunya adalah sejarah Prabowo bersama partai berlambang pohon beringin itu.

"Beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar," ujar Airlangga di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Ahad (13/8/2023).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga membeberkan alasannya mendukung Prabowo. Salah satunya adalah pengalaman kerja sama pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019.

"Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas," ujar Zulkifli.

photo
Ganjar digoyang oleh sejumlah isu dukungan elite PDIP ke capres lain. - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement