Jumat 11 Aug 2023 20:21 WIB

PKS Depok Majukan Imam Budi Jadi Cawalkot, Bagaimana dengan Kaesang?

Imam Budi Hartono meraih suara tertinggi dalam penjaringan PKS capai 81 persen.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono
Foto: Republika
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PKS Kota Depok Bobby Hermanto menegaskan Imam Budi Hartono telah ditetapkan sebagai calon Wali Kota Depok 2024 untuk selanjutnya diajukan ke pengurus pusat partai politik tersebut.

"PKS Depok menetapkan nama Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota ke DPP PKS. Karena hasil penjaringan internal suaranya mencapai 81 persen," kata Hermanto yang juga Sekretaris Umum DPD PKS Depok, di Depok, Jumat.

Baca Juga

Saat ini Imam Budi Hartono masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris. Hermanto menjelaskan Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota dari PKS baru sebatas usulan ke pengurus pusat belum Surat Keputusan (SK) DPP PKS karena masih masih menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Belum sampai SK DPP (menunggu hasil Pileg). Tapi di panduan ada penetapan dini untuk kemenangan Pileg calon wali kota dan wakilnya untuk tugas memenangkan pileg 2024," jelas Hermanto.

 

Pria yang akrab disapa Bobby ini menambahkan DPD PKS Depok juga menjaring wakil wali kota sebagai pendamping Imam Budi Hartono. Ia menyebutkan ada beberapa nama yang sudah terjaring DPD PKS Depok baik di internal dan eksternal.

"Calon wakil wali kota dari PKS belum menjadi perhatian utama karena setelah penetapan SK dini wali kota barulah, ada diskusi tentang wakil," kata Hermanto.

Hermanto mengatakan PKS Depok dalam menentukan calon wali kota pendamping Imam Budi Hartono melalui pertimbangan dan melihat hasil Pileg 2024?

"Kita fokus pileg tapi secara Pilkada berjalan. Jadi calon wakil salah satu ranahnya calon wali kota yang ditunjuk. Karena menjodohkan calon wakil perlu ada pertimbangan," katanya.

"Termasuk koalisi, kalau misalnya PKS dengan PDIP, kalau Demokrat, PPP mengusulkan calonya artinya masih terbuka lebar," ungkapnya.

Sebelumnya DPD PKS Kota Depok Jawa Barat telah melakukan penjaringan internal untuk calon wali kota Depok penjaringan untuk kandidat calon kepala daerah pada pemilihan wali kota (Pilwakot) 2024 melalui mekanisme penjaringan kandidat jalur pemilihan internal raya atau Pemira.

Hasilnya ada tiga orang nama yang muncul yaitu Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Gamal Albinsaid (Ketua Pemuda DPP PKS) dan Jubir PKS Mohammad Kholid.

Sementara itu, beredar kabar putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, tidak jadi maju ikut Pilkada Depok. Sampai saat ini, belum ada dukungan resmi dari Parpol untuk mendukung Kaesang. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement