Selasa 01 Aug 2023 17:41 WIB

FE UNJ Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Kelas Internasional

Kelas internasional itu dibuka untuk tiga prodi strata satu (S1).

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) mulai 2023 membuka program International Undergraduate Program (IUP) atau kelas internasional untuk jenjang Sarjana (S1). Peluang penerimaan peserta untuk program itu disebut lebih besar karena hanya peserta dengan kualifikasi berbahasa Inggris dan sangat baik yang akan lolos seleksi.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) mulai 2023 membuka program International Undergraduate Program (IUP) atau kelas internasional untuk jenjang Sarjana (S1). Peluang penerimaan peserta untuk program itu disebut lebih besar karena hanya peserta dengan kualifikasi berbahasa Inggris dan sangat baik yang akan lolos seleksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka pendaftaran seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri kelas internasional. Program itu dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang hendak mengembangkan karier di bidang akuntansi, manajemen, dan bisnis digital dengan mendapatkan pengalaman internasional.

“Program ini merupakan kesempatan berharga bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan karier di bidang akuntansi, manajemen, dan bisnis digital serta mendapatkan pengalaman internasional,” ujar Dekan FE UNJ, Usep Suhud, lewat keterangannya, Selasa (1/8/2023).

Kelas internasional itu dibuka untuk tiga program studi (prodi) S1, yaitu S1 akuntansi, S1 manajemen berupa bisnis internasional, dan S1 bisnis digital. Usep menjelaskan, prodi S1 akuntansi sendiri merupakan salah satu prodi favorit nasional dengan tingkat keketatan tertinggi.

“Prodi ini telah berdiri sejak tahun 2005 dan saat ini telah memperoleh akreditasi nasional A. Prodi ini sedang dalam proses akreditasi internasional dari FIBAA Jerman,” kata dia.

Sementara itu, prodi S1 manajemen juga membuka kelas internasional dengan peminatan bisnis internasional. Prodi iitu didirikan pada 2005 dengan akreditasi nasional A. Sejak 2023, prodi itu tengah berproses untuk mendapatkan akreditasi internasional dari FIBAA Jerman.

“Setiap tahun, program studi ini selalu menjadi pilihan utama dengan tingkat keketatan tertinggi di tingkat nasional,” jelas Usep.

Untuk prodi S1 bisnis bigital, meskipun merupakan prodi baru yang didirikan pada tahun 2021, tapi telah menjadi salah satu prodi favorit nasional dengan tingkat keketatan yang sangat tinggi. Prodi itu, kata Usep, telah memperoleh akreditasi Baik.

Pendaftaran dilaksanakan secara daring melalui tautan http://pendaftaran.unj.ac.id mulai tanggal 2 Agustus 2023 hingga 9 Agustus 2023. Bagi calon peserta yang ingin mendaftar, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Di antaranya, mereka harus lulus dari SLTA tahun 2021, 2022, atau 2023, mengikuti tes bahasa Inggris khusus yang diselenggarakan oleh UPT Pelayanan Bahasa UNJ, dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ.

Untuk biaya pendaftaran, calon peserta diwajibkan membayar sebesar Rp 650 ribu. Sedangkan biaya uang kuliah untuk mahasiswa domestik dan asing per semester adalah Rp 15 juta, dan uang sumbangan untuk mahasiswa domestik dan asing, yang dibayar sekali pada semester pertama, minimal sebesar Rp 20 juta.

“Adapun biaya-biaya lain seperti international exposure, KKL internasional, sertifikasi kompetensi, dan publikasi karya akhir tidak termasuk dalam biaya tersebut,” kata dia.

Seleksi masuk akan dilakukan melalui ujian tulis dan wawancara secara daring. Materi ujian meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari bagian Verbal, Logika, dan Numerik, Tes Bahasa Inggris dengan skor minimal 450, serta wawancara dalam Bahasa Inggris.

Jadwal seleksi telah ditentukan, yaitu ujian tulis serta wawancara dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023 secara luring dengan waktu pelaksanaan yang berbeda untuk masing-masing tes, disusul tes bahasa Inggris secara daring, dan wawancara dalam bahasa Inggris secara luring.

“Perkuliahan kelas internasional ini nantinya bagi mahasiswa yang diterima akan dimulai pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024 pada tanggal 28 Agustus 2023. Proses perkuliahan akan dilakukan secara hibrida dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris,” tutur Usep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement