Selasa 25 Jul 2023 17:33 WIB

Dalam Kunjungan ke Jatim, Jokowi Seperti Beri Sinyal Mendukung Prabowo dan Erick Thohir

Kode Jokowi jodohkan Prabowo – Erick Thohir semakin kuat untuk Pilpres 2024

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).
Foto: Dok Laily Rachev/Biro Pers Sekre
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo belum lama ini memberikan sinyal dukungan kepada Prabowo Subianto dan Erick Thohir. Keduanya untuk pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres). Belum lama ini keduanya mendampingi kunjungan kerja (kunker) Presiden ke Jawa Timur (Jatim).

Dalam kunker ini, rombongan Jokowi dijadwalkan meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) di PT. Pindad (Persero) di Kabupaten Malang, Jatim. Dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.05 WIB. 

Baca Juga

Di Adi Soemarmo, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan dan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN terlihat telah ikut mendampingi Jokowi. Keberangkatan rombongan Jokowi menuju Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang kemudian dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta istri, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Danlanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Agus Setiawan beserta istri, dan Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan beserta istri.

Setibanya di Malang, rombongan Jokowi menuju Pasar Bululawang, Kabupaten Malang untuk menyapa sekaligus memberikan bantuan sosial kepada para pedagang di Pasar Bululawang. Setelah itu, rombongan dijadwalkan meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) di PT. Pindad (Persero).

 

Di Kabupaten Malang, rombongan Jokowi menuju Lapangan Korem 083, Kota Malang. Di sana mereka meninjau pasar rakyat. mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali melemparkan sinyal dan kode perjodohan antara Prabowo dan Erick Thohir menuju Pilpres 2024 mendatang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, Jokowi belakangan gencar melemparkan sinyal perjodohan Prabowo – Erick Thohir kepada publik. Ujang melihat sudah banyak sinyal dan kode yang diberikan oleh Jokowi agar kedua menteri terbaiknya tersebut maju di konetstasi demokrasi mendatang.

Kode-kode ini terlihat dari statemen Jokowi yang menginginkan pemimpin Indonesia selanjutnya memiliki nyali untuk menghadapi tekanan dan tantangan global. Pemimpin bernyali ini dinilai merujuk kepada dua sosok pemimpin andalan Jokowi yakni Prabowo dan Erick Thohir.

Kemudian, pada hari Ahad (16/07), Jokowi juga mengadakan pertemuan tertutup bersama Prabowo dan Erick Thohir di Istana Bogor. Hal ini dilihat Ujang juga sebagai sinya perjodohan dari Jokowi untuk dua sosok pemimpin yang terus digadang-gadang oleh masyarakat agar maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Ada indikasi sinyalemen bahwa Jokowi restui Prabowo-Erick,” terang Ujang.

Ujang melihat gesture pertemuan ketiganya di Istana Bogor itu menyiratkan dukungan Jokowi, kepada duet Prabowo - Erick Thohir. Pertemuan tersebut dinyatakan sebagai sinyal kuat kepada publik dalam menatap kontestasi demokrasi mendatang.

“Keliatannya saling mendukung satu sama lain. Dengan pertemuan itu bisa jadi bahwa memang Jokowi lebih condong kepada Prabowo dan cawaprsnya Erick Thohir. Kelihatannya arahnya ke sana,” ujar pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement