Selasa 25 Jul 2023 15:52 WIB

UNM Ajak Para Siswa SMA/SMK Mengenal Dunia Podcast di CreaBesT

CreaBesT digelar di UNM Kampus Margonda, Depok.

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusamandiri (UNM) berkolaborasi dengan startup Mandiri Digital Universe (MDU) atau NextOne, kembali menggelar acara CreaBesT (Creative Business and Talent) yang berlangsung dari pada 24 - 26 Juli 2023.
Foto: Dok. UNM
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusamandiri (UNM) berkolaborasi dengan startup Mandiri Digital Universe (MDU) atau NextOne, kembali menggelar acara CreaBesT (Creative Business and Talent) yang berlangsung dari pada 24 - 26 Juli 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kampus Digital Bisnis Universitas Nusamandiri (UNM) berkolaborasi dengan startup Mandiri Digital Universe (MDU) atau NextOne, kembali menggelar acara CreaBesT (Creative Business and Talent) yang berlangsung dari pada 24 - 26 Juli 2023. Dengan mengusung dua tema yaitu 'How to be a Successful Content Creator', CreaBesT  digelar di UNM kampus Margonda, Jalan Margonda Raya No 545, Depok mengundang beberapa sekolah tingkat SLTA.

Beberapa sekolah yang akan hadir dalam acara tersebut antara lain  SMA Islam Darussalam, SMK Negeri 62 Jakarta, SMA Fatahillah Jakarta, SMA Sejahtera 1 Depok, SMK Negeri 25 Jakarta dan SMK Mahardika 4 Jakarta. Muhammad Abdul Ghani selaku Narasumber yang merupakan Direktur UNM TV menjelaskan tentang Tips Membuat Podcast Dengan Baik dan Benar. Ia mengatakan bahwa membuat podcast dengan baik, yakni harus memiliki beberapa hal penting di dalamnya yaitu Sumber Daya Manusia, Peralatan, Virtual Stage dan Aplikasi.

Baca Juga

"Saya membahas beberapa hal terkait yang di gunakan untuk membuat podcast dengan baik, yakni harus memiliki beberapa hal penting di dalamnya yaitu Sumber Daya Manusia, Peralatan, Virtual Stage dan Aplikasi yang digunakan. Tujuannya untuk memberikan pemahaman atau wawasan baru kepada siswa/I yang hadir apa saja yang harus disiapkan saat berlangsungnya podcast, antara lain SDM dalam Podcast harus memiliki 4 orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan tugasnya yaitu Host/Narasumber, Camera Person, Master Control Person dan Floor Director,” jelas Ghani, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/7/2023).

Ia juga menambahkan bahwa adapun peralatan yang harus ada dalam menjalankan sebuah Podcast antaranya Green Screen, Lighting, Camera, Capture Card, Laptop/PC, dan Microphone, Digital Mixer Audio, kemudian virtual stage yaitu membuat mini stage yang tampilannya sama persis dengan yang ada di TV, kemudian yang terakhir aplikasi yang digunakan ialah VMix, OBS studio, witecast.  Menurutnya, dari kegiatan ini diharapkan dapat membuat podcast yang baik. 

“Harapan saya semoga dengan adanya materi tentang bagaimana cara membuat podcast dengan baik dapat dimanfaatkan oleh siswa/I yang hadir dan dapat menambah bekal ilmu kepada mereka,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement