Ahad 23 Jul 2023 16:16 WIB

Elektabilitas Erick Thohir Meningkat Signifikan, Ini Alasannya

Posisi Ketua Umum PSSI dinilai pengaruhi elektabilitas Erick Thohir.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nora Azizah
Ketua PSSI Erick Thohir meninjau seleksi pemain Timnas U17 di Bali.
Foto: Dok PSSI
Ketua PSSI Erick Thohir meninjau seleksi pemain Timnas U17 di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia menemukan Erick Thohir menjadi sosok cawapres terfavorit dalam banyak kategori. Posisi Ketua Umum PSSI ternyata banyak mempengaruhi kenaikan signifikan elektabilitas Erick.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, publik yang mengetahui Erick jadi Ketua Umum PSSI naik dari 43,2 persen pada April ke 53,5 persen pada Juni. Mereka juga puas atas kinerja Erick.

Baca Juga

Sebanyak 7,9 persen yang sangat puas pada April, naik jadi 19,1 persen pada Juni. Pun 65,7 persen yang cukup puas pada April, naik jadi 73,6 persen pada Juni. Angka mereka yang kurang puas atau tidak puas turun.

Dari 14,7 persen yang kurang puas pada April, turun menjadi 4,7 persen pada Juni. Sedangkan, dari 2,1 persen yang tidak puas sama sekali atas kinerja Erick Thohir pada April, turun menjadi 0,3 persen pada Juni.

"Kepuasannya tinggi, ada peningkatan tajam, April sekitar 73 persen yang sangat atau cukup puas, Juni ketika survei ini dilakukan kepuasan capai 92,6 persen. Jadi tinggi sekali kepuasan Erick sebagai Ketua Umum PSSI," kata Burhanuddin, Ahad (23/7).

Indikator mendalami langkah Erick Thohir mengaudit keuangan di PSSI. Burhanuddin menerangkan, 29,6 persen publik tahu atau pernah mendengar berita soal dugaan pengelolaan keuangan yang tidak semestinya di PSSI.

"Dari yang tahu, mayoritas setuju dengan langkah tersebut dan mayoritas juga percaya bahwa terdapat pengelolaan keuangan yang tidak semestinya," ujar Burhanuddin.

Kemudian, sebanyak 68,1 responden tahu kalau Timnas Indonesia menjadi juara Sea Games 2023. Dari yang tahu, banyak responden yang sangat setuju dan setuju kalau Erick Thohir memiliki peran besar di sana.

"Mayoritas 68,1 persen tahu Timnas Indonesia juara Sea Games 2023, dari yang tahu mayoritas setuju Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berperan besar di balik keberhasilan Timnas Indonesia di Sea Games 2023 menjadi juara," kata Burhanuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement