Kamis 13 Jul 2023 14:41 WIB

Prodi Sistem Informasi UNM Gelar Webinar 'Langkah Menulis Artikel Ilmiah'

Menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian dinilai penting bagi mahasiswa.

Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar Webinar Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional.
Foto: Dok. UNM
Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar Webinar Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan publikasi jurnal nasional mahasiswa, Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar Webinar ‘Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional’, belum lama ini, secara online. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Frieyadie, sebagai Chief Editor Jurnal Riset Informatika Sinta 3 juga sebagai reviewer di beberapa jurnal nasional maupun internasional. 

Frieyadie mengatakan, pentingnya menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian bagi mahasiswa dan salah satunya adalah skripsi yang sudah dibuat. “Sebab hal ini dapat menaikkan ranking universitas pada bagian citasi jurnal,” jelas Frieyadie, dalam keterangan rilis, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Ia pun membagikan langkah-langkah penting dalam penulisan artikel ilmiah yaitu mulai dari pemilihan topik penelitian, penyusunan kerangka teoritis, menjelaskan metodologi penelitian, melakukan analisis data, penulisan artikel ilmiah, peer review sampai publikasi jurnal nasional. 

“Dalam penulisan artikel ilmiah, ikuti struktur umum artikel ilmiah mulai dari abstrak, pendahuluan, kajian literatur, metodologi penelitian, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan serta pastikan penggunaan bahasa ilmiah yang jelas dan tepat,” ujarnya.

Selain itu, juga harus menggunakan referensi yang relevan dan akurat, sesuai dengan gaya penulisan jurnal yang diikuti.  “Perhatikan juga tata letak, format dan gaya penulisan yang sesuai dengan jurnal yang dituju saat menulis artikel ilmiah,” katanya.

Pada kesempatan ini, Sukmawati Anggraeni Putri selaku Ketua Prodi (kaprodi) Sistem Informasi UNM berharap dengan dilaksanakan webinar ini mampu menambah ilmu dan wawasan pada peserta.

“Semoga webinar ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen yang menjadi peserta, harapannya peserta dapat mengetahui lebih banyak lagi mengenai penulisan artikel ilmiah dan publikasi jurnal nasional,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement