Ahad 09 Jul 2023 22:32 WIB

Ridwan Kamil Apresiasi Pasar Leuweung Dongkrak Penjualan Petani Milenial

Gubernur Ridwan Kamil apresiasi Pasar Leuweung mendongkrat penjualan petani milenial.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Produk peserta petani milenial dihadirkan di acara Pasar Pasisian Leuweung Tahura, Ahad (13/11) 
Foto: Istimewa
Produk peserta petani milenial dihadirkan di acara Pasar Pasisian Leuweung Tahura, Ahad (13/11) 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Event Pasar Pasisian Leuweung Dinas Kehutanan Jabar turut memeriahkan event Cycling de Jabar. Pelaksanaan event tersebut, digelar di dua tempat. Yakni, Pantai Ciletuh, Sukabumi dan Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran, Sabtu-Ahad (8-9/7).

Di alun-alun Paamprokan Kabupaten Pangandaran, Gubernur Jawa Barat sempat menyicipi durian yang dijajakan Kelompok Tani Hutan (KTH) Binaan Dishut Jabar. Selain itu, Ridwan Kamil juga turut menyicipi sup Jamur produksi petani milenial.

Baca Juga

Di stand selanjutnya, Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini turut mempromosikan madu hutan hasil olahan Petani Milenial Dishut Jabar, secara live online Instagram Petmil.

Emil sangat mengapresiasi KTH dan Petmil Dishut yang mampu memanfaatkan hasil hutan nonkayu tersebut. Apalagi, belum lama ini, Emil melaksanakan inaugurasi Petani Milenial yang bertempat di Universitas Padjadjaran, Kota Bandung.

Sementara menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, Pasar Leuweung (pasar hutan) merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam mendongkrak penjualan hasil pertanian, yang dikelola para petani milenial dan kelompok tani hutan. 

"Selain mendapatkan pembinaan-pembinaan dan proses memanen, ada juga proses produksi untuk dijual," ujar Dodit.

Jadi, kata Dodit, jika selama ini proses penjualan itu dilepas begitu saja. Namun, untuk kali ini, pemerintah memberikan suatu intensif kepada para petani  rimbawan, agar mereka bisa menjual langsung hasil produksinya di tempat itu juga.

Pada kesempatan itu, Emil bersama Kepala Dinas Kehutanan melaksanakan penanaman pohon di sekitar alun-alun Paamprokan. Turut hadir Bupati Pangandaran Jeje Wirahadikusumah.

Ridwan Kamil juga, secara simbolis menyerahkan Vegetasi Pantai, yang secara simbolis diserahkan kepada Kelompok Masyarakat Konservasi Cinta Bahari, dan Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut. 

Jumlah keseluruhan Vegetasi Pantai yang diserahkan sebanyak 23.500 pohon dengan jenis Cemara Laut, Baringtonia, Ketapang Laut dan Pandan Laut yang akan di Tanam di Pesisir Pantai Pangandaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement