Ahad 09 Jul 2023 21:23 WIB

Pandawara Group Kembali Ajak Warga Bersihkan Pantai Terkotor Kedua di Indonesia

Kapal-kapal nelayan terlihat menumpuk di antara tumpukan sampah.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Lida Puspaningtyas
Aksi Pandawa Group bersama warga sekitar membersihkan pantai terkotor di Indonesia di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Senin-Selasa (22-23/5/2023).
Foto: Dok Pandawa Group
Aksi Pandawa Group bersama warga sekitar membersihkan pantai terkotor di Indonesia di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Senin-Selasa (22-23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandawara Group, kelompok yang terkenal dengan aksi positifnya membersihkan sungai dan pantai dari sampah kembali mengajak warga gotong royong membersihkan pantai terkotor kedua di Indonesia. Kali ini, pantai terkotor dan terburuk terletak di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

"Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang kotor akibat acuhnya kita terhadap lingkungan. Lampung mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor kedua di Indonesia ada di daerah kalian," kata Pandawara Group di akun Instagram centang biru @pandawaragroup dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Ahad (9/7/2023).

Dilampirkan video berdurasi kurang lebih satu menit, tim Pandawara yang diwakili lima pria muda merekam gunungan sampah di sekitar Pantai Jalan Ikan Selar, Kecamatan Bumi Waras, Lampung. Dalam video tersebut, sampah-sampah menumpuk di pesisir pantai yang seharusnya terhindar dari sampah.

Kapal-kapal nelayan terlihat menumpuk di antara tumpukan sampah. Pandawara group kemudian mengajak pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk bersama-sama membersihkan sampah-sampah tersebut.

"Dicari 1.000 orang Lampung untuk membantu mengurangi sampah di pantai pada Senin dimulai pukul 07.00 di Pantai Jalan Ikan Selar, ditunggu kedatangannya," kata Pandawara Group.

"Kolaborasi di antara masyarakat, pemerintah daerah dan pihak terkait diperlukan. Jaga dan rawat lingkungan yang ada di sekitar kalian, atau kita yang akan ke daerah kalian," kata Pandawara group melanjutkan.

Warganet membanjiri pujian untuk mendukung aksi tersebut dan bangga terhadap Pandawara grup karena berupaya membangun kesadaran masyarakat akan lingkungan. Tak sedikit warganet menyalahkan pemerintah provinsi yang terkesan abai pada lingkungan.

"Kawal terus pantau terus sampe punya peralatan berat atas nama kalian brother2 hebat semua," kata komentar artis Rifky Balweel di akun Instagram @rifkybalweel.

"Setiap pergerakan selalu kelas," kata salah satu akun Instagram @mr.jeffsmith di unggahan Pandawara Group.

"Letsgooo, yuk warga Lampung ikut berpartisipasi untuk clean up hari senin nanti," timpal komentar lain.

"Bang, kalo ada orang-prang politik ikut campur ke kegiatan kalian harap hati2. banyak yg numpang nama demi jabatan. karena 2024 tahunnya mereka cari jabatan demi cuan. semangat pandawara. saya cuma bisa dukung doa. karena posisi jauh. saya cuma bisa bantu bersih2 di sekitar rumah saya," kata komentar lain dengan lebih dari 24 ribu menyukai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement