Ahad 09 Jul 2023 15:18 WIB

Jalan Lintas Pantai di Pangandaran Mulai Dibangun, Akses ke Wisata Batukaras Jadi 10 Menit

Pemprov Jabar telah menyiapkan anggaran senilai Rp 72 miliar untuk pembangunan ini.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agus raharjo
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memulai proyek pembangunan jalan lintas pantai di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jabar, Ahad (9/7/2023).
Foto: Dok. Republika.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memulai proyek pembangunan jalan lintas pantai di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jabar, Ahad (9/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mulai melakukan pembangunan jalan lintas pantai di Kabupaten Pangandaran pada Ahad (9/7/2023). Jalan lintas pantai itu akan mempercepat akses menuju objek wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan yang dilakukan di wilayah itu berupa perbaikan jalan dan pembuatan jembatan. Pemprov Jabar disebut telah menyiapkan anggaran senilai Rp 72 miliar untuk perbaikan infrastruktur di Kabupaten Pangandaran itu.

Baca Juga

"Sudah dianggarkan, sudah dilelang, siap untuk dipercepat pembangunannya," kata dia di Kabupaten Pangandaran, Ahad (9/7/2023).

Ia mengatakan, proyek pembangunan jalan dan jembatan itu diperkirakan akan rampung pada Oktober atau November 2023. Ia pun berharap pembangunan itu akan bermanfaat untuk masyarakat, terutama untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, jalan lintas pantai itu akan mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Batukaras. Apabila sebelumnya wisatawan dari pusat Kecamatan Cijulang menuju Pantai Batukaras membutuhkan waktu sekitar satu jam, dengan jalan lintas pantai waktu yang ditempuh dapat lebih singkat.

"Yang tadinya memutar butuh satu jam, sekarang mungkin hanya 10 menit," kata dia.

Emil mengatakan, pembangunan jalan itu juga merupakan komitmen Pemprov Jabar untuk memperbaiki jalur lintas pantai, khususnya di wilayah selatan Jabar. Sebelumnya, Pemprov Jabar juga telah membangun jalan lintas pantai menuju Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

"Jadi terlihat ada geliat pariwisata. Saya yakin, Pangandaran akan jadi salah satu destinasi pariwisata terbaik di Indonesia," kata dia.

Ia menambahkan, selain di Kabupaten Pangandaran, Pemprov juga akan melakukan perbaikan jalan di sejumlah wilayah Jabar. Rencananya, tahun ini ada 354 kilometer jalan yang akan diperbaiki. Sementara pada tahun depan, Pemprov Jabar akan memperbaiki sepanjang 800 kilometer jalan.

"Sesuai komitmen kami, pascacovid-19, uang sudah normal lagi. Kita akan fokuskan kepada perbaikan infrastruktur," ujar Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement