Ahad 09 Jul 2023 06:03 WIB

Buntut Undang Prabowo, Effendi Simbolon Dipanggil PDIP

Effendi Simbolon diketahui mengundang Prabowo Subianto dalam Rakernas Marga Simbolon

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon melambaikan tangan ke arah wartawan usai memberikan pernyataan permintaan maaf atas ucapan TNI seperti gerombolan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon melambaikan tangan ke arah wartawan usai memberikan pernyataan permintaan maaf atas ucapan TNI seperti gerombolan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa seluruh kader partainya harus tegak lurus mendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo. Karenanya, pihaknya akan memanggil politikus PDIP, Effendi Simbolon yang diketahui mengundang Prabowo Subianto dalam Rakernas Marga Simbolon.

"Pak Komarudin Watubun selaku ketua DPP Bidang Kehormatan juga akan melakukan klarifikasi, karena kami ini kan Partai Demokrasi Indonesia, sehingga semuanya akan dilakukan klarifikasi agar disiplin partai ditegakkan," ujar Hasto di Rumah Aspirasi, Jakarta, Sabtu (9/7/2023).

Baca Juga

Ditanya, apakah Effendi benar bergabung dengan Partai Gerindra? Hasto enggan berspekulasi. Namun, ia mengingatkan ihwal disiplin yang harus dilakukan oleh kader PDIP.

"Kedisplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib," ujar Hasto.

 

"Yang penting kita lakukan klarifikasi terlebih dahulu, nanti Badan Kehormatan sesuai dengan AD/ART partai akan mengusulkan pengambilan keputusan dari DPP partai," sambungnya.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku mengagumi etnis Batak. Sebab, kata dia, ada banyak orang Batak yang menjadi jagoan di dunia militer, hukum, politik, dan seni tarik suara.

Khusus di dunia militer, Prabowo sebagai mantan prajurit TNI AD mengetahui betul ada banyak tentara dari etnis Batak. Rata-rata, tentara dari etnis yang berpusat di Sumatra Utara itu 'memang jagoan' dan banyak yang menyandang pangkat jenderal.

"Lihat saja dari sejarah kita, ada TB Simatupang yang saat usia muda sudah menjadi Kepala Staf Angkatan Perang, tangan kanan Pak Sudirman dan Nasution. Terus ada Maraden Pangabean, Feisal Tanjung, Romulu Simbolon, dan Luhut Binsar Pandjaitan," kata Prabowo saat menghadiri Rakernas Marga Simbolon di sebuah hotel di Jakarta, Jumat, (7/7/2023).

Di dunia hukum, dia melanjutkan, juga ada banyak orang Batak yang menjadi advokat hebat. Begitu pula di dunia politik.

"(Advokat) etnis Batak yang paling jago seperti Hotman Paris Hutapea. Di politik juga ada Effendi Simbolon. Pokoknya banyaklah," kata Menteri Pertahanan (menhan) itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement