Ahad 09 Jul 2023 08:37 WIB

Menikmati Langsung Wisata Kesehatan Pulau Gili Iyang yang Jadi Andalan Sumenep

Banyak penduduk Pulau Gili Iyang berusia 100 tahun namun tetap bugar.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Gili Iyang, salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur
Foto: Republika/Rahmat Fajar
Gili Iyang, salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Segarnya udara dan pemandangan alam yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Gili Iyang yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Keunggulan tersebut itulah yang menjadikan pulau berpenduduk 7.832 jiwa kerap menjadi jujugan wisatawan, tidak hanya domestik tetapi juga mancanegara.

Pulau Gili Iyang adalah satu-satunya pulau di Indonesia yang menawarkan wisata kesehatan dengan kadar udara terbaik, yang digadang-gadang bisa membuat awet muda. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya penduduk di Pulau Gili Iyang yang usianya mencapai 100 tahun dan tetap bugar di usia senja.

Baca Juga

Fakta Pulau Gili Iyang mengandung kadar yang baik memang sudah dibuktikan secara empiris. Pengecekan kadar oksigen di Gili Iyang juga sudah dilakukan beberapa instansi. Salah satunya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 2006. Hasil analisa menunjukkan, kadar oksigen di Gili Iyang dalam kondisi normal sebesar 20,9 persen.

Segarnya udara di Pulau Gili Iyang bukan karena kadar oksigen yang tinggi, tetapi karena udaranya bersih dari zat pencemar. LAPAN menyebutkan, dari 17 titik yang diuji, kadar oksigen di Gili Iyang adalah sebesar 20,9 persen. Artinya di dalam volume 1 liter udara bebas terkandung 0,209 liter oksigen. Persentase ini lebih baik dari kondisi udara daerah-daerah lain di Indonesia.

Selain memiliki kadar udara yang baik, Pulau Gili Iyang juga dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisata favorit di sana adalah wisata Batu Cangga. Batu Cangga merupakan sebuah objek wisata alam yang berada tepat di bagian bawah dari sebuah bukit karst yang menjorok ke Laut Jawa, di utara Pulau Gili Iyang.

"Biasanya banyak orang dari luar daerah, dari Gresik, Surabaya, Lamongan, prewedding di sini," kata anggota Pokdarwis Pulau Gili Iyang, Hamzah.

Untuk memasuki lokasi wisata tersebut, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000. Selain wisata Batu Cangga, di sana juga terdapat destinasi wisata Pantai Ropet yang lokasinya berdekatan. Air laut di pantai tersebut sangat jernih, sehingga wisatawan bisa melihat secara jelas terumbu karang yang ada di bawah laut.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsodo mengatakan, wilayahnya memang memiliki memiliki sejumlah destinasi wisata yang dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung. Mulai dari wisata alam, religi, maupun wisata lainnya. Namun, yang menjadi unggulan memang Pulau Gili Iyang dan Gili Labak.

Fauzi menjelaskan, Gili Iyang merupakan pulau kecil yang memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia, setelah Yordania. Kelebihan itu jarang ada di tempat wisata lainnya. "Salah satu kelebihan Pulau Gili Iyang adalah jika menginap satu malam saja di sana, maka seseorang akan merasa lebih bugar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement