Jumat 07 Jul 2023 20:45 WIB

Jokowi Harap Pangsa Pasar di Papua Dikuasai Anak Muda

Ia berharap pelatihan yang diberikan bisa bermanfaat nyata bagi para pemuda.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sekaligus meresmikan Papua Street Carnival di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).
Foto: Laily Rachev /Biro Pers Sekretar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sekaligus meresmikan Papua Street Carnival di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para pemuda Papua di Waibu Agro Eduwisata. Jokowi menyebut, melalui Waibu Agro Eduwisata, kreativitas anak-anak muda Papua ditampung.

Selain itu, para anak muda Papua juga mendapatkan berbagai pelatihan. "Baik mengenai packaging, baik mengenai hidroponik, baik mengenai pemeliharaan ayam, peternakan ayam, baik juga mengenai perikanan, kemudian pembuat makanan ternak, makanan ikan, semuanya diadakan pelatihan di sini," ujar Jokowi dalam keterangannya usai meninjau Waibu Agro Eduwisata, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023), dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Jokowi pun mengingatkan pentingnya produksi suatu komoditas dengan memperhatikan permintaan dari pasar.

"Yang terpenting saya ingatkan tadi berangkatnya harus dari pasar, pasar permintaannya apa? Kemudian baru ke produksinya," kata Jokowi.

 

Ia berharap pelatihan dan pembelajaran yang diberikan bisa memberikan manfaat nyata bagi para pemuda di masa mendatang. Sehingga pangsa pasar di Papua nantinya dapat dikuasai oleh anak-anak muda Papua.

"Kalau ada training, ada PYCH (Papua Youth Creative Hub), ada hal-hal riil yang dilakukan seperti ini, ya mestinya pasar yang ada di Papua bisa dikuasai oleh anak-anak muda ke depan," ucap dia.

"Kemudian produk-produk unggulan, packaging dikemas dengan baik, juga akan menjadi oleh-oleh yang baik bagi siapapun yang datang ke Tanah Papua," lanjut Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peninjauan ini yakni Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BIN Budi Gunawan, Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Plh. Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement